Saturday, November 23, 2019

Wisata Alam Tebing Watu Mabur

Yogyakarta atau Jogja memang dikenal rajin melahirkan objek pariwisata baru. Salah satu obyek wisata yang lagi digandrungi milenial jaman sekarang adalah wisata alam, seperti wisata hits Watu Mabur, yang sedang menjadi sorotan sekaligus rekomendasi liburan sejuk di kawasan Jogja yang murah meriah. Selain bukit panguk, bukit mojo dan jurang tembelan, kawasan wisata tebing watu mabur juga sering menjadi tempat favorit para pemburu sunrise ketika di Yogjakarta.
Tebing Watu Mabur sendiri adalah kawasan wisata yang dikembangkan oleh beberapa warga sekitar pada pertengahan tahun 2015, yang antusias dan sadar akan pemanfaatan kekayaan alam untuk pariwisata. Konsep wisata Tebing Watu Mabur hampir sama seperti bukit panguk kediwung, yang mana menghadap ke arah timur yang memberikan panorama sunrise pagi hari serta semburan cahaya emas matahari yang memanjakan mata serta sebagai perpaduan wahana spot foto. Disamping itu, aliran Sungai Oya yang menari di kaki bukit juga memberi nuansa sejuk saat menikmatmati kawasan Tebing Watu Mabur ini.
Instagram by @theopranindya
Keunikan wisata alam ini ialah adanya batu besar yang menonjol di sekitaran kawasan, yang mana saat pagi hari kawasan watu mabur akan di penuhi kabut awan hingga seakan batu - batuan tersebut terbang diatas awan. Mungkin karena ini juga kawasan wisata ini disebut Tebing Watu Mabur, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi "Tebing Batu Terbang". Namun untuk menikmati keseruan nuansa kabut tebal tersebut, kamu hanya bisa menjumpainya saat pukul 05.00 hingga pukul 06.00 pagi hari. Ini juga yang menyebabkan banyak pengunjung sengaja memilih bercamping dan mendirikian tenda di kawasan yang telah di sediakan, hanya karena ingin menikmati pemandangan kawasan watu mabur saat pagi hari.
Instagram by @irmawan.yoga
Untuk wahana spot foto, Tebing Matu Mabur tergolong memiliki banyak varian menarik, dengan konsep bangunan yang terbuat dari batu dan kayu, seperti lumbung awan dan bangunan rumah unik yang bisa dinikmati saat siang dan malam hari. Ada juga beberapa dek gardu panggung yang di desain menarik dengan berbagai model yang cocok dinikmati saat pagi maupun siang hari.

Alamat dan Lokasi Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur terletak di Dusun Lemah Bang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau bisa juga dicari melalui Google Maps dengan kata kunci "Tebing Watu Mabur".
Instagram by @debrianacynthiaputrii
Lokasinya berada di sebelah timur wisata jurang tembelan yang juga jadi rekomendasi untuk mampir ke lokasi ini juga. Karena pesona Jurang Tembelan pun tak kalah menarik.

Rute Lokasi Tebing Watu Mabur

  • Jika kamu dari pusat Kota Bantul, lebih mudahnya melalui kawasan Desa Tritenggo Kecamatan Bantul, yakni melewati Jl. Tentara Pelajar lurus metok hingga pertigaan kamu bisa ambil arah kiri dan melewati Jl. Sultan Agung dan Jl. Bakulan Imogori dan jalan lurus terus. Setelah sekitar 9 kilometer, akan ada pertigaan dan kamu bisa ambil arah kanan atau Jl. Sukorame Desa Mangunan, dan dari Desa Mangunan tersebut, sudah terpampang banyak plakat penunjuk arah lokasi tebing watu mabur. Selain itu, dalam perjalanan kamu juga bakal melewati 2 objek wisata alam lain, seperti Jurang Tembelan dan Goa Gajah yang juga terletak di Desa Mangunan.
  • Jika kamu dari Wonosari Gunung Kidul, kamu bisa melalu jalur ke arah Dlingo, yakni melalui Jl. Playen Dlingo kurang lebih 19 kilometer. hingga bertemu pertigaan di Desa Temuwu - Dlingo, lalu ambil arah kiri melewati Jl. Koripan 1 ke Jl. Imogiri - Dlingo hingga sampai ke Dusun Sukorame. Jarak dari situ udah deket, hanya sekitar 2 kiloan dan pastinya banyak plakat penunjuk arah ke Tebing Watu Mabur atau objek wisata alam lain di Desa Mangunan.
  • Jika dari Klaten Jawa Tengah, kamu bisa melalui daerah Kaligesing Kabupaten Gunung Kidul hingga sampai ke Kecamatan Dlingo.
Untuk menuju lokasi, kamu juga bisa memanfaatkan Google Maps sebagai penuntun rute lokasi.

Tiket Masuk Tebing Watu Mabur

Untuk harga tiket per November 2019. kamu hanya perlu merogoh biaya Rp.2.000,- saja perorang. Kemudian untuk biaya camping ialah Rp.10.000,- perorang dan tiket terusan perwahana spot foto ialah Rp.3.000,- perwahana. Cukup murah bukan?

Fasilitas Tebing Watu Mabur

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberpa fasilitas tambahan, seperti:
  • Tempat Parkir, dengan biaya Rp.3.000,- permotor dan Rp.5.000,- permobil.
  • Toilet.
  • Musholla.
  • Warung Makan.
  • Area Camping.
  • Beberapa Gazebo.
Itulah sekelumit info yang bisa saya bagi kali ini tentang Wisata Tebing Watu Mabur di Mangunan - Yogyakarta. Terimakasih dan sampai jumpa.

Blogger, Designer, Future Programmer.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon