Tuesday, November 26, 2019

Wisata Alam Bukit Panguk Kediwung

Buat kamu yang hobi berfoto sembari berburu sunrise pagi hari, nggak ada salahnya menjelajah ke objek wisata alam bukit panguk kediwung yang ada di Yogyakarta ini. Terletak di kawasan hutan lindung dan perbukitan tinggi, menjadikan kawasan bukit panguk ini terkesan memiliki hawa yang sejuk dan menarik. Selain hamparan perbukitan hijau yang luas, kawasan bukit panguk juga dilintasi aliran Sungai Oya yang seakan menari di sela kaki bukit dan pastinya sedap untuk dinikmati dari atas ketinggian.
Nggak hanya alam yang eksotis nan asri, wisata bukit panguk kediwung juga memiliki beberapa wahana spot foto instagramable yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kalangan milenial. Wahan spot foto tersebut biasanya banyak dinikmati wisatawan saat sunrise sekitar pukul 04.00 sampai dengan 06.00 pagi hari. Karena pada waktu tersebut, hamparan awan tebal bakal menyelimuti kawasan bukit panguk kediwung, sehingga hasil pengambilan foto di beberapa wahana spot bakal bernuansa seperti di atas lagit atau kayangan. Apalagi ditambah dengan beberapa bentuk wahana spot foto seperti delman dan beberapa gardu pandang sangat seirama dengan adanya kabut awan tebal, dan pastinya mengundang keseruan yang tak terlupakan saat liburan bareng sahabat ataupun pasangan.
Instagram by @gunawanjir
Konsep yang dimiliki bukit panguk kediwung memang hampir sama dengan objek wisata tetangganya yaitu Bukit Mojo Gumelem, tetapi bukit kediwung lebih dominan untuk mencari sunrise pagi hari dan bukit mojo lebih dominan untuk mencari sunset saat terbenamnya matahari dalam hal berburu panorama spot foto instagramable. Mayoritas masyarakat Jogja sudah lama mendengar objek wisata alam ini, karena bukit panguk di Yogyakarta ini tergolong obyek lama yang sudah ada sebelum tahun 2017.
Instagram by @immotrett
Buat kamu yang belum pernah ke tempat wisata ini, saya akan memberi sekelumit info mengenai lokasi, rute, fasilitas hingga harga tiket masuk terbaru 2019 di bukit panguk kediwung. Bisa kamu gunakan bahan analisa sebelum menuju ke tempat wisata kekinian di Yogyakarta ini.

Alamat dan Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Wisata Alam ini terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau berada tak jauh dari wisata bukit mojo gumelem, yang mana hanya terpisah Daerah Dusun saja, yakni Dusun Kanigoro (Bukit Mojo) dan Dusun Kediwung (Bukit Panguk), yang mana hanya berjarak kurang dari 1 kilometer.

Rute Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Kemudian untuk rutenya, jika kamu dari pusat Kecamatan Dlingo, bisa melakukan perjalanan melalui Jl. Seropan 2, sekitar 3,5 kilometer bakal ada pertigaaan dan ambil arah kanan. Sekitar 300 meter dari pertigaan, kamu udah sampai di Desa Mangunan dan terus lanjutkan perjalanan mengikuti Jl. Desa Mangunan sekitar 3 kilometer kamu udah sampai di bukit panguk kediwung. dan yang pasti, bakal banyak papan penunjuk arah yang akan menuntun perjalananmu.

Jika merasa kesulitan dalam hal rute, kamu bisa memanfaatkan Google Maps diatas sebagai gambaran lokasi dan juga penunjuk arah.

Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Untuk harga tiket bukit panguk di akhir tahun 2019 tergolong masih sangat terjangkau, yakni hanya Rp.3.000,- perorang.

Wahana Spot Foto di Bukit Panguk Kediwung

Instagram by @shetochenko
Untuk menikmati beberapa wahana, kamu akan dikenakan biaya Rp.3000,- perwahana spot foto, diantaranya:
  • Kolam cinta.
  • Gardu pandang.
  • Dek panggung cinta.
  • Wahana spot delman.
  • Gardu kapal kertas unik.
  • Gardu menara Masjid.
  • Dek panggung bunga mekar.

Fasilitas di Bukit Panguk Kediwung

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberpa fasilitas tambahan, seperti:
  • Area parkir, dengan biaya permotor Rp. 2.000,- dan untuk kendaraan mobil Rp. 5.000,-
  • Warung, menjual berbagai makanan dan minuman khas Wilayah Mangunan.
  • Toilet.
  • Musholla.
  • Kawasan Camping, buat kamu yang hobi bermalam di kawasan alam, bukit panguk pastinya layak di coba.
Itulah sekelumit info mengenai objek wisata alam Bukit Panguk Kediwung yang ada di Mangunan - Dlingo. Terimakasih, semoga rencana liburan kamu lancar terkendali. Satu hal lagi, jangan lupa bahagia.

Blogger, Designer, Future Programmer.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon