Friday, December 6, 2019

Wisata Alam Pantai Kutang Lamongan

Indonesia memiliki garis pantai yang amat luas. Garis pantai ini lebih sering dimanfaatkan untuk pariwisata. Salah satu wisata pesisir laut yang menawarkan nuansa sejuk semilir angin pinggir laut yang murah meriah berada di bagian utara Kabupaten Lamongan. Wisata ini sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga jika kamu berada di Lamongan dan sekitarnya. Satu dari sekian banyak wisata pesisir pantai di kawasan Lamongan yang memiliki nama unik ialah Pantai Kutang, kutang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti bra atau pakaian dalam wanita.
Awal mula pemberian nama lucu tersebut bukan tanpa alasan. Dulu pantai ini kerap dimanfaatkan sebagai sandar para kapal nelayan pencari ikan, sedangkan ketika malam hari banyak dimanfaatkan sebagai tempat kumpul anak muda yang memadu kasih. Hingga setiap hari warga sering menemukan bra di pesisir kawasan pantai ini. Sehingga warga sekitar jadi kebiasaan menyebutnya dengan nama pantai kutang. Kebiasaan ini berlanjut berlanjut, hingga banyak orang luar Desa yang merasa penasaran berkunjung ke pantai kutang ini.
Instagram by @arie_l_fachry
Dengan semakin populernya nama dan kesadaran warga akan pemanfaatan objek wisata alam, beberapa pengembangan pun akhirnya dilakukan, diantaranya mempercantik kawasan pantai kutang dengan desain menarik hingga nyaman dikunjungi. Diantara pembangunan yang paling menyedot minat wisatawan ialah pembuatan dek jembatan panjang dengan trek sekitar 350 meter bercat warna warni yang mengitari kawasan mangrove pesisir atau pertambakan garam warga.
Instagram by @thariq_almubarak
Jadi selain mendapat nuansa hembusan angin laut yang segar dari dek jembatan, pengunjung juga bisa menikmati pepohonan mangrove berbalut beberapa ayunan yang juga siap memanjakan pengunjung. Selain itu, pepohonan mangrove tersebut juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi berburu spot foto instagramable anak muda.

Alamat dan Pantai Kutang Lamongan

Pantai Kutang Lamongan terletak di Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Akses lokasinya pun terbilang cukup mudah, karena jalanan sudah berupa cor dan bisa dilalui kendaraan berjenis bus.

Rute Menuju Pantai Kutang Lamongan

Kemudian untuk rutenya juga ngak terlalu ribet, karena sejatinya Dusun Kentong terletak di sebelah utara dari pada jalur pantura Tuban - Gresik. Lebih mudahnya jika dari WBL Lamongan, kamu ambil arah ke barat kurang lebih 19 kilometer atau jika naik motor sekitar 25 menit, hingga sampai di perempatan Desa Sidomukti (Jalur Pantura).
Selanjutnya kamu bisa masuk ke arah utara atau kanan sekitar 2 kilometer dan kamu bakal sampai di perempatan Dusun Kentong Desa Labuhan. Pastinya dari situ kamu udah nemu plakat arah pantai pantai kutang atau langsung ambil arah kiri sekitar 500 meter sudah sampai di objek wisata alam pantai kutang Lamongan.

Untuk memudahkan kamu dalam mencari lokasi dan rute tercepat, kamu bisa memanfaatkan Google Maps di atas.

Fasilitas di Pantai Kutang Lamongan

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberpa fasilitas tambahan, seperti:
  • Area Parkir yang luas, dengan biaaya Rp.3.000,- permotor, untuk mobil Rp.6.000,- dan kendaraan berjenis bus ialah Rp.10.000,-
  • Penyewaan Pelampung ban untuk berenang di pinggiran laut, biaya Rp.15.000,-
  • Tempat Bilas sehabis bermaian di air laut.
  • Toilet
  • Kantin berupa warung milik warga, agar selalu semangat saat meinikmati keseruan pantai.
  • Gazebo, sebagai tempat bersantai sembari menikmati pesona pantai kutang.
Dan satu lagi, pengelola pantai kutang Lamongan juga menyediakan fasilitas acara foto Pre-wedding dengan biaya sekitar Rp.100.000,-

Harga Tiket Pantai Kutang Lamongan

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi pantai ini. Harga tiket terbaru di pantai kutang perbulan November 2019 terbilang murah, yakni pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya Rp.3000,- per orang, baik dewasa maupun anak-anak.
Dengan popularitas pantai kutang yang semakin meningkat, bukan tidak mungkin beberapa wahana baru bakal terus dikembangkan oleh pengelola, sehingga para pengunjung makin betah, semakin seru, dan semakin menyenangkan saat berekreasi di pantai kutang. Mungkin hanya itu sekelumit info dan ulasan yang bisa saya bagi tentang wisata pantai kutang di Kabupaten Lamongan. Semuga menambah referensi tempat yang seru dan menarik untuk di explore saat liburan datang. Terimakasih, dan sampai jumpa.

Blogger, Designer, Future Programmer.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon