Monday, December 9, 2019

Wisata Alam Ayanaz Gedongsongo

Buat kamu yang lagi nyari info mengenai Ayanaz Gedongsongo Semarang, mungkin ulasan berikut sangat membantu kamu, mulai dari wahana spot foto, fasilitas, rute lokasi hingga tiket masuk terbaru 2019.
Ayanaz Gedongsongo merupakan tempat liburan berkonsep area spot foto instagramable yang terletak di kawasan perbukitan gunung, sehingga memiliki nuansa sejuk dan menyegarkan. Objek wisata ini sendiri merupakan hasil pengembangan dari wisata Candi Songo atau Gedongsongo. Jadi, untuk berlibur ke Ayanaz, kamu bakal melewati pintu loket wisata candi terlebih dahulu.
Kawasan Ayanaz menawarkan view beberapa kawasan hutan dan pegunungan, seperti Sindoro dan gunung Ungaran yang gagah dan mampu menjadi nilai tersendiri sebagai lokasi tujuan rekreasi. Gak hanya pemandangan sejuk alam, beberapa spot foto menarik juga turut disediakan oleh pengelola wisata agar pengunjung dapat merasakan banyak pilihan tema saat berburu spot foto kekinian di kawasan Ayanaz Gedongsongo ini.
Instagram by @ary.nugroho_
Mulai dari balon udara, ayunan bersantai atau hammock, bubble tent, tempat duduk di tengah kolam, dan juga beberapa tempat spot yang didesain apik membuat pengunjung dapat merasakan kepuasan saat berlibur.
Namun satu hal yang perlu di ketahui, Ayanaz Gedongsongo bukanlah sebuah kawasan playground atau kawasan permainan, melainkan sebuah wisata alam berbalut banyak spot foto. Jadi, objek wisata ayanaz gedongsongo sangat direkomendasikan bagi kamu yang hobi berfoto ataupun buat kamu yang lagi nyari tempat liburan sejuk di kawasan alam.

Alamat dan Lokasi Ayanas Gedongsongo

Terletak di kawasan Candi Gedongsongo, Dusun Krajan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya untuk akses terbilang bagus, karena medan jalan mampu dilalui kendaraan roda empat dengan mudah meski memiliki dataran tinggi menanjak.
Untuk Rutenya, Lokasi Ayanaz Gedongsongo sebenarnya hanya berjarak 3 kilometer dari pusat Kecamatan Bandungan, namun untuk menuju lokasi, kamu perlu melewati jalanan umum yang berjarak sekitar 7 kilometer. Lebih mudahnya jika kamu dari Kecamatan Bandungan, kamu bisa ambil jalur atau Jalan Beringin Raya - Jalan Sukorini - Jalan Menuju Candi Gedongsongo, jika di total keseluruhan sekitar 20 menit waktu tempuh.

Jika merasa kesulitan dalam hal rute, kamu bisa memanfaatkan Google Maps diatas sebagai gambaran lokasi dan juga penunjuk arah.

Wahana di Ayanaz Gedongsongo

Ada beberapa wahana spot foto di lokasi wisata ini. Mayoritas wahana spot yang disediakan adalah gratis, namun ada sebagian kecil yang berbayar. Berikut beberapa wahana yang disediakan oleh pengelola:
  • Hammock atau ayunan
  • Tempat duduk dengan rangkaian bunga
  • Sofa melingkar di tengah kolam
  • Taman bunga yang di tata unik
  • Balon udara, tiekt terusan Rp.10.000,- di ukuran besar dan Rp.5.000,- di ukurang standart dan kecil.
  • Bubble tent atau rumah tabung kaca, dengan biaya Rp.15.000,-

Fasilitas di Ayanaz Gedongsongo

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberpa fasilitas tambahan, seperti:
  • Area Parkir, dengan biaya Rp.3.000,- permotor di hari biasa dan Rp.5.000,- saat akhir pekan, kemudian untuk mobil ialah Rp.10.000,- di hari biasa dan Rp.15.000,- di hari libur atau akhir pekan.
  • Cafe, berdesain menarik dengan dinding kaca.
  • Kantin, menyediakan makanan ringan hingga berat seperti bakso dan jajanan lainnya.
  • Toilet, untuk kenyamanan saat berlibur.
  • Gazebo tempat bersantai di kawasan taman.

Tiket Masuk Ayanaz Gedongsongo

Harga tiket sendiri, wisata Ayanaz Tergolong terjangkau, yang mana per bulan November 2019 kemarin. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya:
  • Di hari biasa Rp.20.000,- untuk dewasa.
  • Akhir pekan atau Libur Nasional Rp.25.000,- untuk dewasa.
  • Dan anak-anak umur 2-10 tahun adalah Rp.10.000,-
Kemudian untuk harga tiket masuk di Candi Gedongsongo ialah Rp.10.000,-

Jam Operasional

Ayana Gedongsongo merupakan objek wisata yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan sore hari pukul 17.00 WIB.
Itulah sekelumit info yang bisa saya bagi kali ini tentang kawasan wisata Ayanaz Gedongsongo di Bandungan Kabupaten Semarang. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan analisa sebelum menjelajah ke lokasi spot kekinian di Semarang ini. Terimakasih, semoga ulasan diatas bermanfaat khususnya bagi kamu yang memiliki rencana berlibur bareng keluarga ataupun pasangan. Sampai jumpa.

Blogger, Designer, Future Programmer.

1 comment

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon