Friday, May 20, 2016

Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Peternakan (ilustrasi)
Lama tak meng-update blog ini. Sibuk dengan perkuliahan dan hal-hal lain membuat blog ini seakan tak terurus hingga berdebu sana sini. Langsung saja, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas hal yang mungkin beberapa dari kita kurang memperhatikannya, yaitu perihal peternakan yang ada, khususnya di Indonesia.

Peternakan?

Sebelum lebih jauh, saya ingin menjelaskan dasarnya terlebih dahulu. Apa sih peternakan itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Peternakan adalah suatu usaha untuk memelihara dan/atau membiakan ternak. Ternak itu sendiri adalah binatang yang dipiara (lembu, kuda, kambing, dan sebagainya) untuk dipelihara dan/atau dibiakkan dengan tujuan produksi. Sedangkan orangnya disebut dengan peternak.
Tujuan ternak hewan antara lain adalah untuk produksi. Hasil produksi peternakan biasanya berupa daging segar, susu, telur, dan sebagainya. Selain itu, tak jarang juga tenaga-tenaga hewan ternak tersebut dimanfaatkan, misalnya seperti kerbau/lembu untuk membantu pekerjaan petani dalam membajak sawah, atau kuda yang dimanfaatkan untuk menarik delman.

Peternakan di Indonesia

Ternak Sapi
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat cocok untuk dijadikan sentra bisnis peternakan. Luas daratan Indonesia yang mencapai jutaan km2 sangat mendukung kegiatan peternakan yang notabene membutuhkan lahan yang luas. Posisi Indonesia yang ada di daerah trofis juga sangat mendukung aktivitas usaha peternakan. Posisi geografis ini memungkinkan wilayah Indonesia untuk disinari matahari dan dijatuhi hujan sepanjang tahun. Hal ini membuat kebutuhan untuk berbagai kegiatan usaha peternakan seperti air dan pakan hijauan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.
Meskipun demikian, ternyata hingga tahun 2015 kebutuhan akan hasil peternakan di Indonesia belum tercukupi. Kekurangan kebutuhan ini kerap ditutup oleh pemerintah dengan jalan impor dari negara lain. Untuk itu perlu dilakukan usaha-usaha yang dapat memajukan peternakan di Indonesia secara efektif dan efisien.

ilmuhewan.com?

Adalah sebuah blog yang sengaja dibuat dengan niche atau topik tentang Ilmu hewan, baik cara ternak, perawatan hingga pengetahuan tentang hewan. Blog ini berfungsi sebagai tempat berbagi pengetahuan kepada para pembaca secara umum.
Materi ataupun artikel dalam blog ini merupakan hasil dari liputan, wawancara, dokumentasi dan juga pengalaman para praktisi pada bidang ilmu hewan dan juga peternakan. Blog ini juga senantiasa memantau perkembangan dunia hewan dan selalu memperbarui artikel-artikel berdasarkan perkembangan yang ada saat ini.

Majukan Peternakan Indonesia!

Dengan sumber daya alam yang melimpah, kondisi alam serta cuaca yang amat mendukung, bukan tidak mungkin kita dapat melakukan swasembada hasil ternak seperti susu, daging maupun telur. Namun untuk mewujudkan itu semua, kita juga harus berjuang bersama.
Ilmuhewan.com menyediakan banyak informasi-informasi yang bisa kita terapkan dalam usaha peternakan yang kita miliki. Baik inforamsi peternakan hewan ternak, hewan unggas maupun perikanan semua dapat kita temukan blog ini. Tak hanya menyediakan informasi terkait budidaya, blog ini juga memberikan penjelasan tentang klasifikasi hewan-hewan ternak, jenis-jenisnya serta cara yang tepat untuk membudidayakannya. Selain itu ada juga inforamsi terkait penyakit-penyakit yang kerap diderita hewan ternak baik hewan darat maupun hewan air.
Dan yang tidak bisa disepelekan adalah gizi dari hewan ternak itu sendiri, gizi mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari hewan ternak kita, oleh karena itu, informasi gizi serta makanan yang cocok untuk hewan ternak yang kita miliki juga sangat diperlukan. Selain untuk kesehatan hewan itu sendiri, hasil produksi kita pun akan meningkat karena kualitas dan kuantitas hasil produksi juga meningkat. Dan blog ilmuhewan.com ini juga memberikan informasi terkait dengan pakan hewan yang cocok.
Dengan teknik budidaya yang cocok, perawatan yang tepat serta pakan yang baik, bukan tidak mungkin kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak di Indonesia akan meningkat. Dengan meningkatnya kuantitas hasil produksi, secara berangsur-angsur kita dapat mengurangi impor dan dapat memenuhi kebutuhan hasil ternak kita sendiri bahkan bukan tidak mungkin kita juga dapat mengekspornya. Dengan kualitas hasil produksi yang juga meningkat, suatu saat hasil produksi peternakan di Indonesia juga akan dicari dan dihargai mahal oleh negara lain (aamiin). Mari kita majukan peternakan di Indonesia!

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Maaf apabila ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Terimakasih telah berkenan mampir dan membaca artikel di blog ini. Salam Blogger Indonesia!.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...


Sumber :
- http://saeternak.blogspot.co.id/2015/06/kondisi-peternakan-diindonesia-oleh.html
- http://kbbi.web.id/ternak
- http://www.ilmuhewan.com/tentang-kami/

Monday, June 8, 2015

Bahaya Rokok dan Paparan Asapnya

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Rokok. Siapa sih yang tak ta benda kecil ini. Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka, terselip berhala-berhala kecil, sembilan senti panjangnya, putih warnanya, ke mana-mana dibawa dengan setia, satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya (Tuhan Sembilan Senti, Karya Taufik Ismail). Memang benar salah satu bait dari puisi karya Taufik Ismail ini, Rokok sudah seakan menjadi tuhan bagi segelintir manusia di dunia. Mereka bekerja banting tulang mencari uang hanya habis untuk beberapa bungkus rokok yang dihisapnya sehari, tak makan pun tak apa. Mirisnya lagi tak hanya orang dewasa yang merokok, bahkan remaja dan anak-anak pun sudah banyak yang merokok. Tak pula hanya laki-laki yang menghisap benda ini, perempuan pun juga sudah banyak yang ikut menghisapnya. :'(
Racun-Racun Rokok
Taukah sobat bahwa ada 25 penyakit ada dalam khamr (minuman keras/alkohol), Khamr diharamkan. Ada 15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi), daging khinzir diharamkan. Dan ada 4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok, patutnya rokok diapakan? Diharamkan? Sepertinya hukum ini kurang efektif, terbukti masih banyak muslim yang masih menghisap benda haram ini walaupun sebenarnya mereka 'tau' haramnya benda ini. Perhatikan gambar disebelah paragraf ini! Pada gambar tersebut dijelaskan beberapa zat kimia beracun yang ada dalam sebatang rokok. Masih maukah anda merokok? Atau sudah maukah anda berhenti merokok?
Jika anda sudah ada niatan berhenti merokok, lakukanlah niatan baik tersebut mulai dari sekarang. Bagi anda yang masih berfikiran "Merokok ya mati, tidak merokok ya mati". Oke saya sependapat dengan pikiran yang satu ini, namun apakah anda sudah tidak sayang dengan nyawa? saya tanya sekali lagi, apakah anda sudah tidak sayang dengan nyawa anda? Saya tau bahwa yang bernyawa pasti akan menemui mati, namun apakah anda mau dengan sengaja membunuh diri anda sendiri dengan cara memasukkan 4000 zat beracun itu? Kalo saya sih gak mau. Baca nih kesaksian perokok yang divonis terkena kanker larynx sampai harus kehilangan suaranya.
Robby Indra Wahyuda
Namanya Robby Indra Wahyuda. Pria asal Samarinda ini mendadak kondang di media sosial facebook sejak ia rajin menceritakan pengalamannya divonis dokter menderita kanker larynx. Akibat kanker yang disebabkan karena kebiasaannya merokok, Robby kini harus rela kehilangan suaranya.
"Bro aku mau pamer nih. Sekarang leher ku ada lobangnya loh persis kaya di kotak rokok itu. kata dokter aku kena kanker pita suara. Sekarang aku bisu loh... Keren kan.. Ayo bro merokok yang banyak temanin aku di sini tar kita buat komunitas bisu bro.," tulis Robby dalam halaman Facebook miliknya.
"Terlepas dari pro dan kontra saya masih bisa berfikir jernih. Dan saya hanya memohon maaf bila ada perdebatan antara anti rokok dengan ahli hisap. Saya cuma menunjukan bahwa saya contoh nyata penderita kanker larynx yang berusia 26 tahun," tulis Robby.

Dengan merokok berarti anda telah menyiksa diri anda sendiri dan pelan-pelan membunuh diri anda sendiri. Terlebih lagi, merokok tidak hanya serta merta menimbulkan kematian untuk anda sendiri, melainkan juga orang lain disekitar anda yang 'tanpa disengaja' menghirup asap dari rokok anda. Nah, dosa double kan? Dah bunuh diri, tambah bunuh orang lagi. Tidak pecaya baca kisah perokok pasif yang juga mengalami hal yang sama seperti Robby Indra Wahyuda.
Ike Wijayanti
Tidak asing dengan wajah wanita ini kan? Ya, namanya Ike Wijayanti. Wanita berusia 37 tahun ini sudah sering muncul dalam iklan layanan masyarakat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesiadi di televisi. Dia sama sekali bukan perokok, tapi ia menderita kanker pita suara hingga kehilangan suaranya karena paparan asap rokok di tempat ia berkerja. Terdapat lubang juga di bagian tenggorokan Ike seperti halnya Robby tadi, dan ia pun menutupinya dengan jilbab yang ia kenakan.
"Saya penderita Kanker Pita Suara, karena sering terpapar asap rokok, walau pun saya tidak pernah merokok. Saya kehilangan suara saya,” tulis Ike dalam sebuah papan menggunakan kapur tulis.
“Berhentilah merokok, asapmu membunuh mimpi-mimpi orang di sekitarmu,” kata Ike dengan suara serak hampir tak terdengar.

Alm. Safira Aura Saskia Wardani
Jika kedua kisah di atas dialami oleh orang dewasa, kisah yang satu ini membuat hati saya merasa sangat miris. Kisah ini dialami oleh gadis kecil bernama Safira Aura Saskia Wardani. Gadis kecil ini meninggal di usia tepat 1 tahun 10 hari karena penyakit radang paru-paru akut (pneumonia) yang ia derita. Penyakit ini juga akibat tidak langsung dari rokok. Anak yang tak berdosa yang belum tau apa-apa dan belum sempat menikmati indahnya dunia ini harus meninggal karena Rokok. Ayahnya adalah perokok aktif selama kurang lebih 18 tahun. Walaupun dia tidak pernah merokok didepan anaknya, namun efek buruk rokok masih berimbas ke anak tercintanya.
"Gua mantan perokok gan (perokok aktif selama 18 thn). Anak gua Safira Aura Saskia Wardani hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat divonis radang paru-paru akut (pneumonia) karena ayahnya ngerokok. Bukan ngerokok di sebelah anaknya (gua kalo ngerokok pasti keluar rumah), tetapi menghirup racun nikotin dari baju ayahnya saat kondisi menggendongnya setelah barusan merokok"

Stop Merokok
Masihkah anda ingin menghisap rokok? masihkah sudikah anda membakar uang anda demi rokok? masihkah anda tega meracuni diri sendiri dan orang lain disekitar anda? Kisah-kisah mereka hanya sebagian kecil yang terekspos media dari beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta cerita lain yang ada di dunia, dengan harapan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan perokok di dunia. Dengan begitu tidak ada lagi orang yang mati sia-sia hanya karena merokok dan menghirup asap rokok, tidak ada lagi penyakit-penyakit akut yang disebabkan oleh batang haram ini. Saya mengambil quot dari Ike Wijayanti "Berhentilah merokok, asapmu membunuh mimpi-mimpi orang di sekitarmu"
Semoga kisah-kisah ini bisa menjadi pelajaran penting bagi para perokok agar bisa bersikap lebih bijak saat menghisap rokoknya sehingga tidak merenggut 'mimpi' orang lain di sekitarnya, lebih bagus lagi kalau dia bisa berhenti menghisap rokoknya. sekian ocehan dari saya, maaf bila ada kesalahan-kesalahan. Terimasih telah membaca sampai akhir dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sumber :
  • http://www.dream.co.id/fresh/kisah-perokok-penderita-kanker-larynx-bikin-haru-sosmed-141031w.html
  • http://lifestyle.merahputih.com/kesehatan/2015/05/25/terpapar-asap-rokok-wanita-ini-menderita-kanker-pita-suara/15198/

Wednesday, June 3, 2015

Seputar Bulan Sya'ban

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Bulan Sya'ban adalah bulan mulia yang terletak sebelum bulan suci Ramadhan. Di antara keistimewaannya, bulan tersebut adalah waktu dinaikkan amalan.

Keistimewaan Bulan Sya'ban

Sya'ban
Mengenai bulan Sya'ban, ada hadits dari Usamah bin Zaid. Ia pernah menanyakan pada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa ia tidak pernah melihat beliau melakukan puasa yang lebih semangat daripada puasa Sya'ban. Kemudian Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda
"Bulan Sya'ban - Bulan antara Rajab dan Ramadhan - adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An-Nisa'a no.2359. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
Setiap pekannya, amalan seseorang juga diangkat yaitu pada hari Senin dan Kamis. Sebagaimana disebutkan dalam hadits,
"Amalan manusia dihadapkan pada setiap pekannya dua kali yaitu pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang beriman akan diampuni kecuali hamba yang punya permusuhan dengan sesama. Lalu dikatakan, 'Tinggalkan mereka sampai keduanya berdamai'." (HR. Muslim no. 2565)

Keistimewaan Malam Nisfu Sya'ban

Nisfu Sya'ban
Malam nisfu Sya'ban(malam 15 Sya'ban) adalah malam mulia menurut sebagian kalangan. Sehingga mereka pun mengkhususkan amalan-amalan tertentu pada bulan tersebut. Benarkah pada malam nisfu Sya'ban memiliki keistimewaan dari bulan lainnya?
Ada hadits yang menyatakan keutamaan malam nisfu Sya'ban bahwa di malam tersebut akan ada banyak pengampunan terhadap dosa. Diantara hadits dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda,
"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam nifsfu Sya'ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."
Al-Mundziri dalam buku At-Targrib setelah menyebutkan hadits ini, beliau mengatakan, "Dikeluarkan oleh At-Thobroni dalam Al Awsath dan Ibnu Hibban dalam Al Shahihnya dan juga oleh Baihaqi. Ibnu Majah pun mengeluarkan hadits dengan lafazh yang sama dari hadits Abu Musa Al-Asy'ri. Al-Bazzar dan Al-Baihaqi mengeluarkan yang semisal dari Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu dengan sanad yang tidak mengapa." Demikian perkataan Al Mundziri.
Penulis Tuhfatul Ahwadzi lantas mengatakan, "Pada sanad hadirs Abu Musa Al-Asy'ari yang dikeluarkan oleh Ibnu Majah terdapat Lahi'ah dan ia adalah perawi yang dinilai dha'if."
Hadits lainnya lagi adalah hadits 'Abdullah bin 'Amr radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Allah 'azza wa jalla mendatangi makhluk-makhluk-Nya pada malam nisfu Sya'ban , Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecualu dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa."
Nisfu Sya'ban
Al Mudziri mengatakan, "Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dengan sanad yang layyin (ada perowi yang diberi penilaian negatif atau di-jarh, namun haditsnya masih dicatat)." Berarti hadits in bermasalah.
Penulis Tuhfatul Ahwadzi setelah meninjau riwayat-riwayat di atas, beliau mengatakan, "Hadits-hadits tersebut dilihat dari banyak jalannya bisa sebagai hujjah bagi orang yang mengklaim bahwa tidak ada satu pun hadits shahih yang menerangkan keutamaan malam nisfu Sya'ban. Wallahu Ta'ala a'lam."
Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, "Hadits yang menjelaskan keutamaan malam nisfu Sya'ban ada beberapa. Para ulama berselisih pendapat mengenai statusnya. Kebanyakan ulama mendha'ifkan hadits-hadits tersebut. Ibnu Hibban menshahihkan sebagian hadits tersebut dan beliau memasukkan dalam kitab shahihnya." (Lathaif Al-Ma'arif, hal. 245)
Intinya, penilaian kebanyakan ulama, keutamaan malam nisfu Sya'ban dinilai dha'if. Namun sebagian ulama menshahihkannya.

Amalan di Malam Nisfu Sya'ban

Amalan Nisfu Sya'ban
Taruhlah hadits keutamaan malam nifsy Sya'ban itu shahih, namun bukan berarti dikhususkan amalan khusus pada malam tersebut seperti kumpul-kumpul di malam tersebut dengan shalat jama'ah atau membaca Yasin atau do'a bersama atau dengan amalan khusus lainnya. Karena mengkhususkan amalan seperti itu harus dengan dalil. Jika tidak ada dalil, berarti amalan tersebut mengada-ada.
Walau sebagian ulama ada yang menganjurkan shalat di malam nisfu Sya'ban, namun shalat tersebut cukup dilakukan sendiri. Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, "Mengenai shalat malam di malam nisfu Sya'ban, maka tidak ada satu pun dalil dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya. Namun terdapat riwayat dari sekelompok tabi'in (para ulama negeri Syam) yang menghidupkan malam nisfu Sya'ban dengan shalat."
Ibnu Taimiyah ketika ditanya mengenai shalat nisfu Sya'ban, beliau rahimahullah menjawab, "Jika seseorang shalat pada malam nisfu Sya;ban sendiri atau berjama'ah yang khusus sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian salaf, itu sesuatu hal yang baik. Adapun jika dilakukan dengan kumpul-kumpul di masjid untuk melakukan shalat dengan bilangan tertentu, seperti berkumpul dengan mengerjakan shalat 1000 raka'at,  membaca surat Al-Ikhlas terus menerus sebanyak 1000 kali,ini jelas suatu perkara bid'ah, yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulama." (Majmu' Al Fatawa, 23: 132)

Malam Nisfu Sya'ban Sama dengan Malam Lainnya?

Nisfu Sya'ban
Kalau kita biasa shalat tahajud di luar nisfu Sya'ban, nilainya tetap sama dengan shalat tahajud di malam nisfu Sya'ban. 'Abdullah bin Al Mubarak rahimahullah pernah ditanya mengenai turunnya Allah pada malam nisfu Sya'ban, lantas beliau pun memberi jawaban pada si penanya, "Wahai orang lemah! Yang engkau maksudkan adalah malam nisfu Sya'ban?! Perlu engkau tahu bahwa Allah itu turun di setiap malah (bukan pada malam nisfu Sya'ban saja)." Dikeluarkan oleh Abu 'Utsman Ash Shobuni dalam I'tiqod Ahlis Sunnah (92).
Al 'Aqili rahimahullah mengatakan, "Mengenai turunnya Allah pada malam nisfu Sya'ban, maka hadits-haditsnya itu layyin (menuai kritikan). Adapun riwayat yang menerangkan bahwa Allah akan turun setiap malam itu terdapat dalam berbagai hadits yang shahih. Ketahuilah bahwa malam nisfu Sya'ban itu sudah termasuk pada keumuman hadits semacam itu, insya Allah." Disebutkan dalam Adh Dhu'afa' (3/29).

Perbanyak Amalan Puasa di Bulan Sya'ban

Kalau mau meraih kebaikan, bisa diraih dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya'ban. 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, "Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya'ban." (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Segera Lunasi Hutang Puasa Ramadhan di Bulan Sya'ban

Bagi yang punya hutang puasa Ramadhan, segera dilunasi karena bulan Sya'ban adalah bulan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dari Abu Salamah, beliah mengatakan bahwa beliau mendengar 'Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan, "Aku masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Aku tidaklah mampu mengqodho'nya kecuali di bulan Sya'ban." Yahya (salah satu perowi hadits) mengatakan bahwa hal ini dilakukan 'Aisyah karena beliau sibuk mengurus Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146)

Perbanyak Amalan Bacaan Al-Qur'an di Bulan Sya'ban

Salamah bin Khalil berkata, "Dahulu bulan Sya'ban disebut pula dengan bulan Membaca Al-Qur'an." 'Amir bin Qois ketika memasuki bulan Sya'ban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Al-Qur'an. Abu Bakar Al Balkhi berkata, "Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya'ban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil."

Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah. Semoga Bermanfaat. :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sumber : Diambil dari Timeline Dakwah Islam Line (id : @dakwahislam1) ; Gambar diambil dari Searching di Google

Akhirnya Saya Masuk dalam Penjara Google Sandbox

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sedih rasanya bila kita terkurung dalam sebuah penjara seperti halnya sebuah blog yang artikel-artikelnya tidak muncul / terindeks di mesin pencari. Ya, inilah yang saya alami saat ini. Blog Clever Society ini ternyata telah masuk dalam penjara Google Sandbox. Saya baru menyadari ini beberapa hari yang lalu saat saya melihat seseorang yang menunjukkan hasil test Google Sandbox di blognya. Alangkah terkejutnya saat saya mencobanya pada blog ini, ternyata blog ini pun masuk dalam Google Sandbox. :'( Berikut hasil test yang baru saja saya lakukan.
Sandbox
Ooh.. Crap! My lovely blog sandboxed by google!

Apa itu Google Sandbox?

Sandbox
Sedikit pengetahuan saja, Google sandbox adalah suatu algorithma Google yang bertujuan menyingkirkan / menurunkan peringkat artikel baru atau domain baru yang menempati ranking tinggi secara drastis dalam pencarian dari suatu blog dan dianggap sebagai indikasi melakukan SPAM oleh Google. Google sandbox juga merupakan suatu tindakan penalty Google terhadap suatu laman blog atau website yang di buang dari rangking pengindexan atau bisa di artikan sebagai penjara Google yang menyedot seperti pasir hidup, yang mengakibatkan blog tersebut tidak ditemukan di halaman berapakah beradanya blog yang terkena sandbox dari Google tersebut, dan ini jelas sangat berdampak negatif terhadap blog itu sendiri.

Sudah jelas bukan? Sayangnya saya tidak tau artikel mana saja yang masuk dalam penjara Google ini dan sudah berapa lama blog saya terkurung dalam Google Sandbox ini. Saya juga tidak tau alasan kenapa blog kesayangan saya yang satu ini masuk dalam daftar blog yang dianggap Spam oleh Google.
Sebenarnya saya sudah merasakan keanehan pada blog saya sejak lama. Dimulai dari tidak tersubmit dan terindeksnya artikel-artikel baru saya secara automatic di Google Webmaster. Saat itu saya mengira ini hanya efek kecil karena saya jarang memperbarui artikel / jarang posting di blog ini, jadi saya menganggap biasa saja dan hanya berulang-ulang me-resubmit sitemaps dan men-submit url artikel terbaru saya secara manual di Google Webmaster tersebut. Hingga saya memutuskan untuk berhenti sejenak membuat artikel karena alasan kesibukan. Setelah terbengkelai selama ± 5 bulan, saya kembali membuat artikel. Dan ternyata keanehan 5 bulan yang lalu masih ada hingga sekarang, bahkan setelah sitemap di-resubmit pun artikel blog ini susah terindeks (lama terindeks). Sedih bro... :'( Berikut adalah screenshot Sitemap Google Webmaster saya yang sudah di-resubmit sekitar 2 hari yang lalu.
Sitemap CS
4 Halaman belum terindeks selama ± 4 hari.

Sampai saat ini saya hanya bisa berdo'a dan berharap semoga saya cepat dilepaskan dari Penjara Google Sandbox yang mengerikan ini. Saya hanya bisa membuat artikel tentang Google Sandbox ini yang kata para blogger yang lain dapat membantu untuk segera dilepaskan dari jeratan pasir hisap Google Sanbox.
Saya juga berpesan kepada para blogger lain yang sedang giat-giatnya blogging, yang sedang rajin-rajinnya optimasi SEO baik on page maupun off page, yang sedang aktif cari backlink dan blogwalking, ataupun yang hanya sekedar mengisi waktu luang dan mengekspresikan diri melalui blog. Buat kalian semua, jangan pernah melakukan praktek Black Hat SEO dalam bentuk apapun, jangan pernah melakukan optimasi SEO yang berlebihan, jangan pernah mencari backlink dengan cara yang HARAM dan jangan pernah posting artikel dengan cara CURANG (Copy Paste tanpa Sumber). Black Hat SEO dan segala cara yang HARAM dan CURANG itu tidak baik, segala yang berlebihan itu juga tidak baik.
Bila anda menyayangi blog anda dan tidak ingin bernasib seperti saya, maka lakukanlah yang sewajarnya dan nikmati perkembangan blog anda yang dari 0 berlahan menjadi blog besar dengan pengunjung ribuan bahkan lebih. Karena itu akan jauh lebih memuaskan jika anda tau rasanya jadi besar setelah melalui proses yang panjang dari sesuatu yang kecil.
Mungkin sekian dulu ocehan curahan hati saya, saya mohon do'anya agar blog tercinta saya ini segera mendapat kebebasan kembali oleh Google Sandbox. Terimakasih masih setia membaca artikel dari blog ini dan, Salam Blogger Indonesia!. :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Monday, June 1, 2015

Martabak Paling Enak di Jakarta

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi selain pakaian dan tempat tinggal. Makanan juga merupakan sumber energi manusia untuk melakukan kegiatan. Selain sumber energi, makanan juga termasuk sumber gizi dan mineral-mineral penting untuk tubuh yang tidak diproduksi di dalam tubuh manusia. Karena itu memilih makanan yang sehat dan bergisi wajib hukumnya untuk kita agar selain memenuhi kebutuhan, kita juga tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
Bicara soal makanan, artikel kali ini sedikit berbeda dari artikel-artikel sebelumnya, karena dalam artikel kali ini saya akan me-review sebuah toko makanan yang sudah cukup populer di Jakarta, Yap, namanya adalah Martabak Orins. Sesuai dengan namanya, toko ini menyajikan berbagai macam martabak, mulai dari Martabak Manis, Martabak Telor, sampai Martabak Pizza. Eits tunggu dulu, martabak yang disajikan disini beda lho dari martabak yang dijajakan di pinggir jalan. Mau tau apa perbedaannya? Bacalah artikel ini sampai tuntas. :D

Apa Itu Martabak Orins? :-?

Orins
Adalah Sonny Arca Adryanto, Pencipta Martabak Orins. Pertengahan tahun 2010 silam ia mendapat ide untuk menciptakan sesuatu yang tidak begitu baru, disukai banyak orang, namun dengan tampilan yang berbeda.
"Idenya memang ingin membuat makanan yang disukai oleh semua orang, namun harus yang berbeda. Makanya, saya memilih martabak yang disukai banyak orang, tapi bentuknya tidak dilipat", katanya.
Pada akhirnya ia memutuskan untuk membuat inovasi baru, yaitu Martabak Pizza Spesial. Martabak Pizza Orins berbeda dari kebanyakan martabak yang dijajakan di pinggir jalan. Bentuk dan pengemasan yang bagus seperti pizza, namun isi dan rasa martabak manis Orins sangat spesial.

Apa Bedanya dengan Martabak Lain? :-?

Keju Spesial Orins
Ini bagian penting dalam artikel kali ini. Setiap produk yang didagangkan harus memiliki ciri khas yang membedakan dengan produk-produk lain yang sudah dulu ada di pasaran. Ini lah yang membuat konsumen tertarik untuk mencoba produk kita dan juga sekaligus sebagai identitas produk kita pada konsumen. Halah ngomong apaan sih. -_-. Oke langsung aja ke inti materinya. Hal-hal yang membedakan Martabak Orins dengan martabak lain yang dijajakan di pinggir jalan antara lain :
  1. Kualitas Produk dan Bahan Baku
    Produk-produk dari Martabak Orins selalu terjamin kualitasnya, karena selain memperhatikan kualitas bahan baku yang digunakan, proses pembuatannya pun juga diperhatikan ke-sterilisasiannya. Tak hanya memperhatikan kualitas bahan baku, penggunaan bahan bakunya pun juga sangat diperhatikan. Sampai saat ini dan sampai kapanpun Martabak Orins tidak pernah menggunakan bahan pengawet, ragi (yeast), atau bahan pelembut, dan pasti halal. Sebagai contohnya adalah martabak manis jagung keju yang merupakan salah satu produk unggulan Orins yang telah memuaskan banyak konsumen.
    Dari produk dan bahan baku saja sudah terjamin kualitasnya, masih mau pilih yang lain? :D
  2. Martabak Pizza Orins Tidak Dilipat dan Memiliki Tampilan Premium Seperti Pizza
    Ini dia ciri khas yang ditawarkan Martabak Orins. Yap, Produk martabak disini tidaklah dilipat seperti kebanyakan martabak manis yang dijajakan di jalan, melainkan berbentuk berbentuk bundar seperti Pizza dengan Topping yang sangat lezat dan padat. hmmm... yummy..! \o/
  3. Menyediakan Berbagai Macam Rasa dan Ukuran
    Martabak Orins menyediakan berbagai rasa dan ukuran, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan yg dapat disesuaikan dengan selera dan kondisi keuangan. Jadi jangan takut kantong jebol dan dompet bolong jika mau mampir kesini. Semua rasa tersedia dalam 4 ukuran yg dapat dipilih, mini, sedang, besar dan jumbo dengan harga mulai dari Rp. 6000 s/d Rp. 80.000. Tuh kan, terjangkau bro, bahkan untuk kalangan mahasiswa yang uangnya minim apalagi saat akhir bulan datang. =D
Telor Orins
Nah sedangkan untuk Martabak telornya juga ada pembedanya walaupun adonannya masih sama dengan martabak telor kebanyakan, namun bahan bakunya terjamin kualitasnya. Untuk varian rasanya juga bermacam-macam, ada Martabak Telor Daging Sapi, Martabak Telor Daging Ayam dan juga ada Martabak telor + keju. Matabs sobh.. (y)
Oh iya Daging Martabak Telor Martabak Orins tidak digiling lho, tetapi dipotong-potong, jadi terasa lembut dan nikmat dagingnya saat digigit. huuu... yummy.. \o/
Ada satu lagi nih. Isiannya terdiri dari potongan daging, daun bawang, bawang bombay, telur bebek, dan tepung. Semua bahan yang digunakan dipilih berkualitas terbaik. Berkualitas terbaik bro... mantabs! (y)

Apa Saja Martabak yang Ditawarkan? :-?

Anda pasti penasaran apa saja martabak yang ditawarkan di kedai ini. Baik, saya akan menunjukan List Menu / Daftar Menu Martabak apa saja yang bisa anda pesan di kedai ini lengkap dengan harganya. simak tabel di bawah ini :
Spesial OrinsStrawberry Orins
DAFTAR MENU Mini Sedang Besar Jumbo
Coklat 6.000 26.000 38.000 46.000
Coklat Kacang Wijen 7.000 28.000 41.000 50.000
Strawberry 7.000 30.000 41.000 50.000
Blueberry 7.000 30.000 41.000 50.000
Keju Spesial 8.000 33.000 46.000 53.000
Jagung 8.000 33.000 46.000 53.000
Kismis 8.000 33.000 46.000 53.000
Pisang 8.000 33.000 46.000 53.000
Keju coklat kacang Wijen 9.000 36.000 51.000 59.000
Strawberry Keju 9.000 36.000 51.000 59.000
Blueberry Keju 9.000 36.000 51.000 59.000
Pisang Coklat 9.000 36.000 51.000 59.000
Pisang Keju 10.000 39.000 55.000 65.000
Kismis Keju 10.000 39.000 55.000 65.000
Jagung Keju 10.000 39.000 55.000 65.000
Spesial Nuttela 50.000 65.000 80.000
Spesial Toblerone 50.000 65.000 80.000
Spesial Orins 65.000 75.000
Martabak Telor daging sapi 40.000 50.000 60.000
Martabak Telor daging ayam 40.000 50.000 60.000
Strawberry Keju OrinsCoklat Orins
Anda tertarik mencoba yang mana? Saya sarankan jika Anda cuma datang sendiri (Jomblo), pesanlah ukuran yg Mini ;p, jika Anda datang bersama pasangan pesanlah 1 saja yang sedang atau besar supaya so sweet ({}), jika lagi hangout rame-rame bersama crazy friend pesanlah 1 atau 2 yang berukuran jumbo supaya kenyang. =D

Produk Unggulan : Martabak Nutella dan Martabak Toblerone

Nutella OrinsToblerone Orins
Berbicara Martabak Orins, tak lengkap rasanya bila tidak mereview juga produk unggulannya. Yap, 2 produk unggulannya adalah Martabak Nutella dengan Selai Nutellanya yang uenak tenan dan juga Martabak Toblerone dengan taburan cokelat Toblerone yang yummy. Martabak Spesial ini dipromosikan sekitar awal Januari 2014, produk ini mendapat respon sangat bagus dari masyarakat. Ini terbukti dari banyaknya konsumen yang membanjiri kois martabak ini. Buat para Orins Lover, terutama pecinta martabak manis dan cokelat, Anda harus mencoba menu yang satu ini.
Untuk martabak Toblerone keju, lelehan cokelat Toblerone yang bercampur apik dengan keju dan susu kental manis tidak terasa enek dan bikin ngilu gigi. Rasa manis khas cokelat Toblerone juga tidak terganggu dengan keju, susu kental, dan daging martabak. Anda yang gemar menikmati Toblerone bisa puas. \o/

Tertarik Mencoba? Kunjungi Kedainya!

Jika anda tertarik mencoba Martabak Paling Enak di Jakarta ini, anda bisa mengunjungi kedinya. Sampai saat ini Martabak Orins telah membuka 9 cabang, yaitu :
  1. Cabang Gondangdia (Sejak 18 Agustus 2014),
    Jl. Taman Cut Mutia Menteng, Jakarta Pusat Seberang Stasiun Gondangdia Sebelah Restoran Padang Sederhana. Telp. 081317161705, 081511213200, 081911187755
  2. Cabang BSD,
    Jl. Pahlawan Seribu No. 33. BSD City 50M dari Pom Bensin Total. Telp: 081372620710, 081911185515
  3. Cabang Setia Budi,
    Jl.Pedurenan Masjid 4 Karet Kuningan, Jakarta Selatan (Belakang Kuningan City/ ITC Ambasador) Telp : 081372620760, 081911186696
  4. Cabang Tebet,
    Jl. Tebet Utara 1 No. 13C Seberang Salon Evergreen, Jakarta Selatan. Telp: (021) 0815 19 8000 40, 081372620680
  5. Cabang Kebayoran Baru (Dibuka Bulan Oktober 2014),
    Jl. Wijaya I No. 30 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan Telp: 082114821234, 081372620730
  6. Cabang Jalan Tambak (Dibuka Awal Tahun 2015),
    Jl. Raya Tambak No. 37 Pegangsaan Menteng - Jakarta Pusat Telp: 081807559000, 081270205700, 085779900300
  7. Cabang Cilandak (Dibuka Awal Tahun 2015),
    Jl. Cilandak KKO No. 2, RT. 015 RW. 05, Depan Mal Cilandak, Jakarta Selatan. Telp: 085779900100, 081270208700, 081806821000
  8. Cabang Depok (Dibuka Tanggal 1 Mei 2015),
    Jl. Margonda Raya No. 516, Seberang Stasiun Universitas Indonesia, Depok. Telp: 085719600071, 087880800753, 082210002850
  9. Cabang Kebon Jeruk (Dibuka Tanggal 15 Mei 2015),
    Jl. Pejuangan, Food Court samping RCTI, Kebon Jeruk. Telp: 082210002860, 085719600070, 087880800748
Silahkan pilih kedai Martabak Orins yang terdekat dengan rumah anda dan rasakan Martabak Enak ini. :D Jika anda malas untuk pergi, anda bisa menggunakan opsi "kring-kring" Delivery yang sudah disediakan, tinggal pesan lewat telephone dan pesanan akan segera diantar ke rumah anda. =D

Lain-Lain...

Tak sampai 1 bulan lagi umat muslim seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadhan 1436H, dan selama 1 bulan penuh menjalankan ibadah wajib Puasa Ramadhan. Dengan beragamnya rasa dan ukuran Martabak Orins ini sangat cocok untuk ta'jil dan disantap saat berbuka puasa. Dari yang standar seperti cokelat, pisang, kacang, wijen, keju, juga strawberry, blueberry, kismis serta jagung. Yang ukurannya bisa disesuaikan, mau mini, sedang, besar ataupun jumbo.

Mungkin sampai disini ocehan saya. Semoga artikel review saya kali ini bisa menjadi referensi untuk anda yang gemar melakukan wisata kuliner. Untuk anda yang berdomisili di daerah JABODETABEK, anda bisa mengunjungi kedai ini ataupun pesan via delivery order, tentunya pesan di kedai yang terdekat dengan rumah anda. Sekian dari saya, terimakasih telah membaca sampai karakter terakhir dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...