Sunday, November 24, 2019

Wisata Alam Jurang Tembelan Magunan

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang kerap menjadi sorotan saat liburan datang. Banyak orang menilai bahwa wilayah Jogja memiliki banyak pilihan tempat wisata unik dan menarik. Salah satunya ada di kawasan Mangunan, yaitu Jurang Tembelan yang mendadak menjadi perbincangan di Instagram karena banyak orang yang upload hasil foto menarik yang di dapat dari lokasi kece tersebut.
Wisata alam Jurang Tembelan memang sudah nggak asing di telinga masyarakat Bantul dan sekitarnya, sebab objek wisata alam ini sering menjadi pusat tujuan para warga Bantul untuk melepas penat saat liburan datang. Jurang Tembelan Mangunan sendiri merupakan kawasan liburan yang terkenal dengan nuansa perbukitannya, yang mana selain menyuguhkan hamparan pegunungan sewu yang luas, kita juga bakal menjumpai kecantikan aliran sungai Oya yang ada di kaki bukit.
Selain pemandangan alam yang indah, terdapat juga deretan wahana dan spot foto yang menempel di dinding perbukitan. Hal itu pula lah yang membuat tempat ini dinamakan Jurang Tembelan atau jurang yang banyak di tempeli wahana spot foto kece. Wahana yang paling digemari pengunjung adalah perahu kayu yang terletak di dataran paling atas, ada pula dua buah gardu pandang berbentuk perahu yang bisa dinikmati pengunjung. Wahana perahu ini memiliki view yang menarik saat sunrise di pagi hari, karena kabut awan tebal akan menyelimuti bagian bawah gardu ini, sehingga pengunjung seakan dibawa ke nuansa atas langit.
Instagram by @jogja_private_tour
Selain wahana kapal kayu, ada wahana lain yang tak kalah seru, yaitu wahana pesawat tempur dan ayunan yang terletak di dataran yang lebih rendah dengan menuruni anak tangga. Kamu bisa menikmati wahana tersebut secara bebas bergantian dengan pengunjung lain. Meski Jurang Tembelan terletak di kawasan alam, namun para pengunjung tidak bisa bercamping, jadi kawasan jurang tembelan hanya cocok untuk berburu foto di atas perbukitan. Jika kamu ingin bermalan di kawasan Mangunan, masih ada alternatifnya, yaitu di homestay terdekat berupa pondok kayu yang lumayan lengkap fasilitasnya dengan biaya sewa kisaran Rp.250.000,- sampai Rp.350.000,- perhari.
Instagram by @silvisepthia_
Dan perlu diingat lagi, kawasan Jurang Tembelan tidak begitu luas seperti Kebun Buah mangunan, Hutan Pinus Pengger atau seperti Puncak Becici, tetapi hanyalah wisata spot foto di atas perbukitan tinggi yang bakal menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan sejuk.

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Wisata Alam Jurang Tembelan, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.2.500,- perorang. Sedangkan untuk biaya parkir motor adalah Rp.2.000,- dan mobil Rp.5.000,- serta kendaraan berjenis elf Rp.10.000,-. Selain biaya-biaya itu, semua wahana spot bisa dinikmati secara gratis, tanpa biaya terusan atau tambahan.
Instagram by @agus_risna

Alamat dan Lokasi Jurang Tembelan

Obyek Wisata Alam Jurang Tembelan terletak di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Lokasi Jurang Tembelan Mangunan

Untuk penunjuk rute, tergolong mudah di cari, karena di beberapa titik sekitar 2 kilometer sudah terpampang beberapa penunjuk arah jurang tembelan.
  • Jika kamu dari Bantul, kamu bisa melaju ke arah timur melewati Jl. Imogiri Dlingo kurang lebih 16 kilometer hingga sampai di Desa Mangunan.
  • Jika kamu naik motor dari kecamatan Dlingo, kamu bisa melalu Jl. Seropan 2 dan berlanjut belok ke kanan ke Jl. Imogori Dlingo pada pertigaan di Dusun Sukorame Desa Muntuk. sekitar 250 meter, kamu bakal menjumpai  pertigaan berbenyuk Y, dan ambil arah lurus atau kiri, lalu jalan lurus terus mengikuti jalan kurang lebih 1 kilometer kamu udah sampai di Dusun Kediwung, dari Dusun tersebut kamu bis bertanya ke beberapa warga, karena jaraknya hanya tinggal 800 meter aja. dan pastinya bakal banyak papan penunjuk arah. di sepanjang persimpangan jalan.
Atau lebih mudahnya kamu bisa memanfaatkan Goole Maps sebagai penunjuk arah dengan mengetikan lokasi Desa Mangunan. karena dari Desa tersebut kamu udah mudah menemukan lokasinya.

Fasilitas Jurang Tembelan

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberpa fasilitas tambahan, seperti:
  • Warung makan dan warung kopi. yang berada di luar pintu masuk.
  • Area Parkir yang luas.
  • Toilet.
  • Beberapa Gazebo untuk bersantai.
  • Musholla.
Itulah sekelumit info yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini tentang wisata alam Jurang Tembelan yang terletak di Desa Mangunan - Jogja. terimakasih, semoga berlibur kamu lancar dan sesuai jadwal yang di rencanakan.

Blogger, Designer, Future Programmer.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon