Wednesday, December 4, 2019

Wisata Alam Air Terjun Nglirip Tuban

Salah satu objek wisata alam di Tuban yang sedang banyak diperbincangkan ialah Air Terjun Putri Nglirip. Buat kamu pecinta alam khususnya air terjun, putri nglirip adalah salah satu rekomendasi yang wajib banget kamu coba. Buat kamu yang penasaran dengan air terjun nglirip, saya sudah rangkumkan dalam artikel ini seputar info-info yang bisa kamu gunakan sebagai rujukan sebelum mengunjungi tempat ini, seperti wahananya, lokasinya, fasilitasnya, serta tiket masuknya di akhir tahun 2019 ini.
Sebelum ke pokok inti, ku pengen menjabarkan sedikit tentang air terjun nglirip di Kabupaten Tuban ini. Yang mana merupakan salah satu dari beberapa air terjun di Kecamatan Singgahan yang menawarkan rupa yang sedap di pandang mata. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter, dengan lebar sekitar 15 meter dan tingkat kedalaman kurang lebih 15 meter serta dikelilingi banyak pepohonan lebat. Sehingga terkesan memiliki nuansa rindang dan sejuk.
Instagram by @rizki_firman_a
Di tempat ini bertebaran beberapa tempat selfie kekinian atau spot foto instagramable. Selain itu, akses ke lokasi juga terbilang cukup mudah. Sehingga wajar jika air terjun nglirip Tuban menjadi salah satu destinasi favorit yang pastinya cocok untuk kamu kunjungi saat kamu lagi boring atau lagi hunting lokasi liburan di kawasan Tuban.
Ngomong-ngomong, air tejun nglirip ini bukan hasil erosi pengunungan lho. Tapi sumber kiriman dari mata air karawak yang terletak di kawasan hutan lindung kawasan Desa Guwoterus yang merupakan wilayah datara tinggi. Sehingga air terjun nglirip terbilang selalu memiliki sumber aliran yang deras dan bukan tegolong air terjun musiman aja.
Walaupun di musim kemarau umumnya aliran air sedikit menurun, karena pada musim kemarau sumber mata air karawak banyak di manfaatkan sebagai pengairan sawah dan konsumsi penduduk. Tapi tak membuat raut wajah air terjun nglirip ini muram atau kering, bahkan justru lebih menawan karena terkesan jernih kebiruan.
Selain eksotisme rupa air terjun yang menawan, ternyata objek wisata alam ini menyimpan mitos yang menarik lho. Menurut cerita para penduduk lokal, ada sebuah kisah pada jaman dahulu, salah seorang perempuan yang merasa sedih karena kekasihnya di bunuh orang tua kandungnya hanya gara-gara mencintai si perempuan tersebut. Orang tua si laki-laki tersebut membunuh anaknya karena dianggap memalukan keluarga yang tegolong orang kaya raya, sedangkan si perempuan dari keluarga kurang mampu.
Setelah di tinggal kekasihnya, lantas si perempuan memutuskan bersemedi di goa yang berada di tebing air terjun nglirip hingga sekarang. Menurut cerita warga lokal, arwah si perempuan tersebut menjadi penunggu air terjun nglirip Tuban.
Instagram by @amir.ndomir
Meski terdapat cerita mistis, objek wisata air terjun nglirip ini tetap aman dan nyaman di kunjungi. Dengan catatan para wisatawan tidak berbuat senonoh seperti bercumbu di kawasan air terjun. Jika di langgar, bakal berakibat buruk pada jalinan asmara pasangan tersebut.
Terlepas dari hal mitos tersebut, pastinya kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya beberapa wahana dan fasilitas yang menjadi warna keseruan dan sayang untuk dilewatkan.

Wahana Wisata Alam Air Terjun Nglirip

  • Spot Foto
  • Gardu Pandang
  • Permainan Tubing atau rafting dengan biaya Rp. 10.000,- per orang.

Alamat dan Lokasi Air Terjun Nglirip

Air terjun nglirip terletak di Pendukuhan Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Untuk akses lokasi terbilang mudah, hampir seluruh jalan sudah beraspal. Itu karena beberapa program pembenahan jalan oleh Pemkab Tuban, sehingga jalan banyak yang sudah di perbaiki demi kelancaran para wisatawan saat berlibur ke air terjun putri nglirip Tuban.

Untuk memudahkan kamu dalam mencari lokasi dan rute tercepat, kamu bisa memanfaatkan Google Maps di atas..

Tiket Masuk Air Terjun Nglirip

Harga tike masuk lokasi air terjun nglirip sendiri terbilang murah meriah, yakni hanya Rp.5.000,- bagi orang dewasa dan Rp.2.000,- bagi anak-anak. Sebagai catatan, air terjun nglirip ini memiliki dua lokasi loket wisata, yakni di bagian kan dan kiri air terjun yang terpisah oleh jembatan penyeberangan. jadi jika kamu pengen menyeberangi jembatan, maka akan di pungut biaya masuk Rp.5.000,- lagi.
Jika masuk dari loket kanan air terjun, kamu bakal menemukan beberapa wahana spot buat mengambil foto kece. Kemudian jika masuk di sudut kiri air terjun, kamu bakal menemukan salah satu gardu pandang tinggi yang cocok buat melihat air terjun nglirip dari ketinggian secara utuh. Jadi, tentuin sudut lokasi loket yang pas sesuai selera sebelum kamu masuk ke lokasi ini agar bisa meminimalisir biaya berlibur.

Fasilitas diAir Terjun Nglirip

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberpa fasilitas tambahan, seperti:
  • Area Parkir yang mumpuni dan terletak tak jauh dari kawasan wisata, dengan biaya Rp. 3.000,- permotor, Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 10.000,- bagi kendaraan berjenis bus.
  • Kantin
  • Toilet
  • Musholla
Mungkin hanya itu sekelumit info dan ulasan seputar objek wisata air terjun nglirip di Tuban yang bisa saya bagikan kali ini. Terimakasih, semoga rencana berlibur kamu lancar dan terasa penuh sensasi yang menyenangkan.

Blogger, Designer, Future Programmer.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon