Tuesday, November 29, 2016

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Ide kreatif adalah hal yang keluar secara tiba-tiba, untuk itu diperlukan cara agar ide tersebut tidak hilang. Mungkin bagi orang yang memiliki ingatan jangka pendek dan jangka panjang yang baik, mereka cukup dengan mengingat-ingat ide tersebut. Namun kebanyakan orang memiliki ingatan yang kurang baik, untuk itu diperlukan cara yang cepat dan tepat untuk menyimpan ide tersebut. Salah satu cara yang efektif adalah memindahkan ide tersebut ke dalam buku catatan atau kertas kecil baik dalam bentuk tulisan, maupun gambar.
menulis
Dengan dasar inilah, STAEDTLER percaya bahwa ide kretif dapat dimulai dari tulisan dan gambar. STAEDTLER pun dengan bangga turut menjadi bagian dari penyebaran ide-ide kreatif dari orang-orang di seluruh dunia lewat tulisan dan gambar.
STAEDTLER menganggap bahwa alat tulis seperti pensil dan pena dapat membantu menyebarkan pikiran-pikiran kreatif semua orang sehingga pikiran-pikiran tersebut dapat terus dikembangkan sehingga produk yang kreatif dan inovatif selalu ada di dunia. Selain itu, STAEDTLER juga menganggap bahwa kenyamanan dalam penggunaan alat tulis tersebut juga membantu mempercepat penyebaran ide-ide kreatif tersebut, sehingga STAEDTLER terus mengembangkan dan terus berinovasi agar selalu dicintai dan digunakan oleh seluruh orang-orang di dunia.

Thursday, November 17, 2016

Mahasiswa? Yuk, Atur Uangmu!

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

atur-uangmu
Mengatur uang, gampang-gampang susah sebenarnya. Tapi jika kita yakin dan konsisten, bukan tidak mungkin hal ini dapat terjadi. Saya adalah seorang mahasiswa semester menengah di salah satu Universitas Negeri di Jawa Tengah. Ya meskipun begitu, biaya kuliah dan biaya hidup saya masih di tanggung orang tua. Dan kebetulan saya adalah seorang perantau, jadi mau tidak mau saya harus bisa mengatur uang pemberian orang tua saya sebaik mungkin. Untuk itu saya ingin berbagi tips mengenai cara mengatur uang untuk kalangan mahasiswa, khususnya yang jauh dari orang tua. Check This Out!
  1. Buat List Kebutuhan dan Skala Prioritas
    prioritas
    Mahasiswa awal tahun? Kost? Ada baiknya kita menuliskan daftar kebutuhan kita mulai dari yang paling penting hingga yang kondisional. Ada baiknya juga menuliskan kebutuhan bulanan, mingguan bahkan harian. Jangan lupa juga mengatur skala prioritas, jangan sampai uang awal bulan kita habis hanya untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting.
  2. Cari Tempat Makan Murah
    warteg
    Pangan adalah salah satu kebutuhan dasar, oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengatur uang makan sehari-hari. Jika anda bisa memasak dan di tempat tinggal sementara anda memungkinkan untuk memasak, alangkah baiknya anda memasak makan anda sendiri, karena selain menghemat pengeluaran, makanan hasil masakan sendiri itu lebih terjamin daripada makan di luar. Namun jika tempat tinggal anda tidak memungkinkan untuk memasak atau anda sendiri kurang bisa memasak, carilah tempat makan yang murah dan mengenyangkan. Soal rasa, jika kita makan dalam kondisi lapar, maka semuanya akan terasa nikmat (pengalaman pribadi). Jika anda baru di kota perantauan, alangkah baiknya anda bertanya tempat makan murah kepada tetangga kost atau teman-teman anda yang lebih dulu di kota tersebut.
    Saya rekomendasikan tempat makan prasmanan, supaya anda bisa mengatur sendiri kebutuhan porsi anda masing-masing. Dan satu lagi, berusahalan akrab dengan sang penjual, jadilah langganan mereka, karena bukan tidak mungkin anda akan dibantu oleh mereka khususnya saat uang anda mulai menipis. :D
  3. Jangan Tergiur Ajakan Teman
    ngumpul
    Maksud saya disini adalah untuk tidak selalu menerima ajakan teman, khususnya jika anda merasa itu terlalu mahal dan merugikan kantong anda. Boleh lah sekali-kali ngumpul bersama teman-teman, tapi jika dengan ngumpul tersebut pengeluaran anda jadi tidak terkendali, anda bisa saja menolak ajakan teman-teman anda demi kebaikan dompet dan kantong anda. Lebih baik anda gunakan waktu luang anda untuk belajar, mengerjakan tugas atau malah mengasah keahlian anda. Bisa juga untuk menyalurkan hobi anda, siapa tau malah dengan begitu bisa menghasilkan uang? :D
  4. Cari Pekerjaan Sampingan
    freelance
    Jika anda kurang begitu disibukkan dengan kegiatan perkuliahan, tips ini bisa anda coba. Banyak lowongan pekerjaan sampingan, part time, freelance yang tersedia di luar sana. Selain meringankan orang tua karena mendapat penghasilan, kerja sampingan juga dapat menambah pengalaman anda di dunia kerja, pengalaman yang tidak akan didapatkan di kelas. Namun ingat, tujuan ada sebagai mahasiswa adalah untuk belajar, jadi jangan sampai pekerjaan sampingan anda malah membuat anda tidak dapat berkonsentrasi kuliah.
    Selain mencari pekerjaan sampingan, mengikuti project dosen juga boleh dicoba. Jika anda berkuliah di jurusan Teknik, ikut project dosen dapat menjadi salah satu tips untuk mengatur uang anda. Selain dapat mendalami materi kuliah, kita juga mendapat banyak pengalaman. Beberapa project juga dapat menghasilkan uang, walaupun jumlahnya tidak seberapa. Selain itu, project sang dosen juga memungkinkan kita untuk mendapatkan ide berupa topik yang dapat kita jadikan bahan skripsi. Menyenangkan bukan? :D
  5. Menabung
    nabung
    Cara ini adalah cara yang simple namun sangat sulit untuk dilakukan. Sulit dilakukan karena mahasiswa umumnya belum memiliki penghasilan sendiri. Kalau saya sendiri menabung dengan tujuan untuk mengantisipasi kekurangan uang di akhir bulan. Uang yang saya tabung biasanya uang koin receh kembalian dari minimarket. Dan jika akhir bulan ini uang masih aman, tabungan bisa akan bertambah di bulan berikutnya untuk keperluan yang lain. Ya walaupun uangnya dalam bentuk recehan koin, tapi nilainya kan lumayan. :D
    Sebenarnya banyak sekali kawan-kawan mahasiswa yang sudah berbagi tips menabung di internet, salah satu yang cukup membuat saya terkesan adalah menabung uang yang nilainya sesuai dengan tanggal saat kita menabung. Jadi, misal tanggal 1 kita menabung Rp.1000, tanggal 2 kita menabung Rp. 2000 dan seterusnya sampai akhir bulan. Namun harus konsisten, untuk nilainya dapat kita sesuaikan sesuai uang saku bulanan kita. Menarik bukan? :D
  6. Ikut Asuransi
    Ini adalah masalah krusial. Mahasiswa memiliki tingkat kestabilan ekonomi yang rendah karena itu alangkah baiknya kita ikut asuransi untuk mengatasi hal-hal buruk yang dapat menimpa kita. Asuransi yang umum adalah asuransi kecelakaan dan asuransi pemulihan kesehatan. Jika kita sakit di perantauan, akan sangat sulit untuk berhubungan keluarga, karena itu kita bisa terbantu dengan mengikuti asuransi.
    Sinarmas
    Banyak sekali perusahaan asuransi yang bisa kita ikuti. Salah satunya adalah Sinarmas MSIG Life. Sinarmas MSIG Life menawarkan berbagai produk asuransi sesuai dengan kebutuhan kita. Selain berjaga-jaga pada hal-hal buruk, kita juga bisa berinvestasi melalui asuransi. :)
  7. Konsisten
    konsisten
    Dan yang terakhir adalah konsisten untuk melakukan hal-hal yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Jika anda konsisten, bukan tidak mungkin keuangan kita akan aman per bulan, bahkan akan bertambah. Jadi, lakukan semua hal dengan benar, disiplin dan konsisten, maka hasilnya tidak akan mengecewakan kita.
Oke, cukup sekitan informasi yang dapat saya sampaikan. Saya juga akan berusaha mempraktekkan apa yang saya tulis. Semoga informasi ini dapat berguna bagi kita semua, khususnya para mahasiswa perantau yang tingkat kestabilan ekonominya rendah seperti saya. Terimakasih sudah mau membaca sampai kalimat ini, mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada diri saya, artikel ini maupun blog ini. Sekian,

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...


Sumber gambar : merdeka.com, futuready.com, suarakarya.id, talentgarden.org, careerealism.com, sinarmasmsiglife.co.id, agastyapandu.com

Friday, May 20, 2016

Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Peternakan (ilustrasi)
Lama tak meng-update blog ini. Sibuk dengan perkuliahan dan hal-hal lain membuat blog ini seakan tak terurus hingga berdebu sana sini. Langsung saja, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas hal yang mungkin beberapa dari kita kurang memperhatikannya, yaitu perihal peternakan yang ada, khususnya di Indonesia.

Peternakan?

Sebelum lebih jauh, saya ingin menjelaskan dasarnya terlebih dahulu. Apa sih peternakan itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Peternakan adalah suatu usaha untuk memelihara dan/atau membiakan ternak. Ternak itu sendiri adalah binatang yang dipiara (lembu, kuda, kambing, dan sebagainya) untuk dipelihara dan/atau dibiakkan dengan tujuan produksi. Sedangkan orangnya disebut dengan peternak.
Tujuan ternak hewan antara lain adalah untuk produksi. Hasil produksi peternakan biasanya berupa daging segar, susu, telur, dan sebagainya. Selain itu, tak jarang juga tenaga-tenaga hewan ternak tersebut dimanfaatkan, misalnya seperti kerbau/lembu untuk membantu pekerjaan petani dalam membajak sawah, atau kuda yang dimanfaatkan untuk menarik delman.

Peternakan di Indonesia

Ternak Sapi
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat cocok untuk dijadikan sentra bisnis peternakan. Luas daratan Indonesia yang mencapai jutaan km2 sangat mendukung kegiatan peternakan yang notabene membutuhkan lahan yang luas. Posisi Indonesia yang ada di daerah trofis juga sangat mendukung aktivitas usaha peternakan. Posisi geografis ini memungkinkan wilayah Indonesia untuk disinari matahari dan dijatuhi hujan sepanjang tahun. Hal ini membuat kebutuhan untuk berbagai kegiatan usaha peternakan seperti air dan pakan hijauan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.
Meskipun demikian, ternyata hingga tahun 2015 kebutuhan akan hasil peternakan di Indonesia belum tercukupi. Kekurangan kebutuhan ini kerap ditutup oleh pemerintah dengan jalan impor dari negara lain. Untuk itu perlu dilakukan usaha-usaha yang dapat memajukan peternakan di Indonesia secara efektif dan efisien.

ilmuhewan.com?

Adalah sebuah blog yang sengaja dibuat dengan niche atau topik tentang Ilmu hewan, baik cara ternak, perawatan hingga pengetahuan tentang hewan. Blog ini berfungsi sebagai tempat berbagi pengetahuan kepada para pembaca secara umum.
Materi ataupun artikel dalam blog ini merupakan hasil dari liputan, wawancara, dokumentasi dan juga pengalaman para praktisi pada bidang ilmu hewan dan juga peternakan. Blog ini juga senantiasa memantau perkembangan dunia hewan dan selalu memperbarui artikel-artikel berdasarkan perkembangan yang ada saat ini.

Majukan Peternakan Indonesia!

Dengan sumber daya alam yang melimpah, kondisi alam serta cuaca yang amat mendukung, bukan tidak mungkin kita dapat melakukan swasembada hasil ternak seperti susu, daging maupun telur. Namun untuk mewujudkan itu semua, kita juga harus berjuang bersama.
Ilmuhewan.com menyediakan banyak informasi-informasi yang bisa kita terapkan dalam usaha peternakan yang kita miliki. Baik inforamsi peternakan hewan ternak, hewan unggas maupun perikanan semua dapat kita temukan blog ini. Tak hanya menyediakan informasi terkait budidaya, blog ini juga memberikan penjelasan tentang klasifikasi hewan-hewan ternak, jenis-jenisnya serta cara yang tepat untuk membudidayakannya. Selain itu ada juga inforamsi terkait penyakit-penyakit yang kerap diderita hewan ternak baik hewan darat maupun hewan air.
Dan yang tidak bisa disepelekan adalah gizi dari hewan ternak itu sendiri, gizi mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari hewan ternak kita, oleh karena itu, informasi gizi serta makanan yang cocok untuk hewan ternak yang kita miliki juga sangat diperlukan. Selain untuk kesehatan hewan itu sendiri, hasil produksi kita pun akan meningkat karena kualitas dan kuantitas hasil produksi juga meningkat. Dan blog ilmuhewan.com ini juga memberikan informasi terkait dengan pakan hewan yang cocok.
Dengan teknik budidaya yang cocok, perawatan yang tepat serta pakan yang baik, bukan tidak mungkin kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak di Indonesia akan meningkat. Dengan meningkatnya kuantitas hasil produksi, secara berangsur-angsur kita dapat mengurangi impor dan dapat memenuhi kebutuhan hasil ternak kita sendiri bahkan bukan tidak mungkin kita juga dapat mengekspornya. Dengan kualitas hasil produksi yang juga meningkat, suatu saat hasil produksi peternakan di Indonesia juga akan dicari dan dihargai mahal oleh negara lain (aamiin). Mari kita majukan peternakan di Indonesia!

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Maaf apabila ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Terimakasih telah berkenan mampir dan membaca artikel di blog ini. Salam Blogger Indonesia!.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...


Sumber :
- http://saeternak.blogspot.co.id/2015/06/kondisi-peternakan-diindonesia-oleh.html
- http://kbbi.web.id/ternak
- http://www.ilmuhewan.com/tentang-kami/

Monday, June 8, 2015

Bahaya Rokok dan Paparan Asapnya

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Rokok. Siapa sih yang tak ta benda kecil ini. Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka, terselip berhala-berhala kecil, sembilan senti panjangnya, putih warnanya, ke mana-mana dibawa dengan setia, satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya (Tuhan Sembilan Senti, Karya Taufik Ismail). Memang benar salah satu bait dari puisi karya Taufik Ismail ini, Rokok sudah seakan menjadi tuhan bagi segelintir manusia di dunia. Mereka bekerja banting tulang mencari uang hanya habis untuk beberapa bungkus rokok yang dihisapnya sehari, tak makan pun tak apa. Mirisnya lagi tak hanya orang dewasa yang merokok, bahkan remaja dan anak-anak pun sudah banyak yang merokok. Tak pula hanya laki-laki yang menghisap benda ini, perempuan pun juga sudah banyak yang ikut menghisapnya. :'(
Racun-Racun Rokok
Taukah sobat bahwa ada 25 penyakit ada dalam khamr (minuman keras/alkohol), Khamr diharamkan. Ada 15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi), daging khinzir diharamkan. Dan ada 4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok, patutnya rokok diapakan? Diharamkan? Sepertinya hukum ini kurang efektif, terbukti masih banyak muslim yang masih menghisap benda haram ini walaupun sebenarnya mereka 'tau' haramnya benda ini. Perhatikan gambar disebelah paragraf ini! Pada gambar tersebut dijelaskan beberapa zat kimia beracun yang ada dalam sebatang rokok. Masih maukah anda merokok? Atau sudah maukah anda berhenti merokok?
Jika anda sudah ada niatan berhenti merokok, lakukanlah niatan baik tersebut mulai dari sekarang. Bagi anda yang masih berfikiran "Merokok ya mati, tidak merokok ya mati". Oke saya sependapat dengan pikiran yang satu ini, namun apakah anda sudah tidak sayang dengan nyawa? saya tanya sekali lagi, apakah anda sudah tidak sayang dengan nyawa anda? Saya tau bahwa yang bernyawa pasti akan menemui mati, namun apakah anda mau dengan sengaja membunuh diri anda sendiri dengan cara memasukkan 4000 zat beracun itu? Kalo saya sih gak mau. Baca nih kesaksian perokok yang divonis terkena kanker larynx sampai harus kehilangan suaranya.
Robby Indra Wahyuda
Namanya Robby Indra Wahyuda. Pria asal Samarinda ini mendadak kondang di media sosial facebook sejak ia rajin menceritakan pengalamannya divonis dokter menderita kanker larynx. Akibat kanker yang disebabkan karena kebiasaannya merokok, Robby kini harus rela kehilangan suaranya.
"Bro aku mau pamer nih. Sekarang leher ku ada lobangnya loh persis kaya di kotak rokok itu. kata dokter aku kena kanker pita suara. Sekarang aku bisu loh... Keren kan.. Ayo bro merokok yang banyak temanin aku di sini tar kita buat komunitas bisu bro.," tulis Robby dalam halaman Facebook miliknya.
"Terlepas dari pro dan kontra saya masih bisa berfikir jernih. Dan saya hanya memohon maaf bila ada perdebatan antara anti rokok dengan ahli hisap. Saya cuma menunjukan bahwa saya contoh nyata penderita kanker larynx yang berusia 26 tahun," tulis Robby.

Dengan merokok berarti anda telah menyiksa diri anda sendiri dan pelan-pelan membunuh diri anda sendiri. Terlebih lagi, merokok tidak hanya serta merta menimbulkan kematian untuk anda sendiri, melainkan juga orang lain disekitar anda yang 'tanpa disengaja' menghirup asap dari rokok anda. Nah, dosa double kan? Dah bunuh diri, tambah bunuh orang lagi. Tidak pecaya baca kisah perokok pasif yang juga mengalami hal yang sama seperti Robby Indra Wahyuda.
Ike Wijayanti
Tidak asing dengan wajah wanita ini kan? Ya, namanya Ike Wijayanti. Wanita berusia 37 tahun ini sudah sering muncul dalam iklan layanan masyarakat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesiadi di televisi. Dia sama sekali bukan perokok, tapi ia menderita kanker pita suara hingga kehilangan suaranya karena paparan asap rokok di tempat ia berkerja. Terdapat lubang juga di bagian tenggorokan Ike seperti halnya Robby tadi, dan ia pun menutupinya dengan jilbab yang ia kenakan.
"Saya penderita Kanker Pita Suara, karena sering terpapar asap rokok, walau pun saya tidak pernah merokok. Saya kehilangan suara saya,” tulis Ike dalam sebuah papan menggunakan kapur tulis.
“Berhentilah merokok, asapmu membunuh mimpi-mimpi orang di sekitarmu,” kata Ike dengan suara serak hampir tak terdengar.

Alm. Safira Aura Saskia Wardani
Jika kedua kisah di atas dialami oleh orang dewasa, kisah yang satu ini membuat hati saya merasa sangat miris. Kisah ini dialami oleh gadis kecil bernama Safira Aura Saskia Wardani. Gadis kecil ini meninggal di usia tepat 1 tahun 10 hari karena penyakit radang paru-paru akut (pneumonia) yang ia derita. Penyakit ini juga akibat tidak langsung dari rokok. Anak yang tak berdosa yang belum tau apa-apa dan belum sempat menikmati indahnya dunia ini harus meninggal karena Rokok. Ayahnya adalah perokok aktif selama kurang lebih 18 tahun. Walaupun dia tidak pernah merokok didepan anaknya, namun efek buruk rokok masih berimbas ke anak tercintanya.
"Gua mantan perokok gan (perokok aktif selama 18 thn). Anak gua Safira Aura Saskia Wardani hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat divonis radang paru-paru akut (pneumonia) karena ayahnya ngerokok. Bukan ngerokok di sebelah anaknya (gua kalo ngerokok pasti keluar rumah), tetapi menghirup racun nikotin dari baju ayahnya saat kondisi menggendongnya setelah barusan merokok"

Stop Merokok
Masihkah anda ingin menghisap rokok? masihkah sudikah anda membakar uang anda demi rokok? masihkah anda tega meracuni diri sendiri dan orang lain disekitar anda? Kisah-kisah mereka hanya sebagian kecil yang terekspos media dari beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta cerita lain yang ada di dunia, dengan harapan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan perokok di dunia. Dengan begitu tidak ada lagi orang yang mati sia-sia hanya karena merokok dan menghirup asap rokok, tidak ada lagi penyakit-penyakit akut yang disebabkan oleh batang haram ini. Saya mengambil quot dari Ike Wijayanti "Berhentilah merokok, asapmu membunuh mimpi-mimpi orang di sekitarmu"
Semoga kisah-kisah ini bisa menjadi pelajaran penting bagi para perokok agar bisa bersikap lebih bijak saat menghisap rokoknya sehingga tidak merenggut 'mimpi' orang lain di sekitarnya, lebih bagus lagi kalau dia bisa berhenti menghisap rokoknya. sekian ocehan dari saya, maaf bila ada kesalahan-kesalahan. Terimasih telah membaca sampai akhir dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sumber :
  • http://www.dream.co.id/fresh/kisah-perokok-penderita-kanker-larynx-bikin-haru-sosmed-141031w.html
  • http://lifestyle.merahputih.com/kesehatan/2015/05/25/terpapar-asap-rokok-wanita-ini-menderita-kanker-pita-suara/15198/

Wednesday, June 3, 2015

Seputar Bulan Sya'ban

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Bulan Sya'ban adalah bulan mulia yang terletak sebelum bulan suci Ramadhan. Di antara keistimewaannya, bulan tersebut adalah waktu dinaikkan amalan.

Keistimewaan Bulan Sya'ban

Sya'ban
Mengenai bulan Sya'ban, ada hadits dari Usamah bin Zaid. Ia pernah menanyakan pada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa ia tidak pernah melihat beliau melakukan puasa yang lebih semangat daripada puasa Sya'ban. Kemudian Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda
"Bulan Sya'ban - Bulan antara Rajab dan Ramadhan - adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An-Nisa'a no.2359. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
Setiap pekannya, amalan seseorang juga diangkat yaitu pada hari Senin dan Kamis. Sebagaimana disebutkan dalam hadits,
"Amalan manusia dihadapkan pada setiap pekannya dua kali yaitu pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang beriman akan diampuni kecuali hamba yang punya permusuhan dengan sesama. Lalu dikatakan, 'Tinggalkan mereka sampai keduanya berdamai'." (HR. Muslim no. 2565)

Keistimewaan Malam Nisfu Sya'ban

Nisfu Sya'ban
Malam nisfu Sya'ban(malam 15 Sya'ban) adalah malam mulia menurut sebagian kalangan. Sehingga mereka pun mengkhususkan amalan-amalan tertentu pada bulan tersebut. Benarkah pada malam nisfu Sya'ban memiliki keistimewaan dari bulan lainnya?
Ada hadits yang menyatakan keutamaan malam nisfu Sya'ban bahwa di malam tersebut akan ada banyak pengampunan terhadap dosa. Diantara hadits dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda,
"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam nifsfu Sya'ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."
Al-Mundziri dalam buku At-Targrib setelah menyebutkan hadits ini, beliau mengatakan, "Dikeluarkan oleh At-Thobroni dalam Al Awsath dan Ibnu Hibban dalam Al Shahihnya dan juga oleh Baihaqi. Ibnu Majah pun mengeluarkan hadits dengan lafazh yang sama dari hadits Abu Musa Al-Asy'ri. Al-Bazzar dan Al-Baihaqi mengeluarkan yang semisal dari Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu dengan sanad yang tidak mengapa." Demikian perkataan Al Mundziri.
Penulis Tuhfatul Ahwadzi lantas mengatakan, "Pada sanad hadirs Abu Musa Al-Asy'ari yang dikeluarkan oleh Ibnu Majah terdapat Lahi'ah dan ia adalah perawi yang dinilai dha'if."
Hadits lainnya lagi adalah hadits 'Abdullah bin 'Amr radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Allah 'azza wa jalla mendatangi makhluk-makhluk-Nya pada malam nisfu Sya'ban , Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecualu dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa."
Nisfu Sya'ban
Al Mudziri mengatakan, "Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dengan sanad yang layyin (ada perowi yang diberi penilaian negatif atau di-jarh, namun haditsnya masih dicatat)." Berarti hadits in bermasalah.
Penulis Tuhfatul Ahwadzi setelah meninjau riwayat-riwayat di atas, beliau mengatakan, "Hadits-hadits tersebut dilihat dari banyak jalannya bisa sebagai hujjah bagi orang yang mengklaim bahwa tidak ada satu pun hadits shahih yang menerangkan keutamaan malam nisfu Sya'ban. Wallahu Ta'ala a'lam."
Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, "Hadits yang menjelaskan keutamaan malam nisfu Sya'ban ada beberapa. Para ulama berselisih pendapat mengenai statusnya. Kebanyakan ulama mendha'ifkan hadits-hadits tersebut. Ibnu Hibban menshahihkan sebagian hadits tersebut dan beliau memasukkan dalam kitab shahihnya." (Lathaif Al-Ma'arif, hal. 245)
Intinya, penilaian kebanyakan ulama, keutamaan malam nisfu Sya'ban dinilai dha'if. Namun sebagian ulama menshahihkannya.

Amalan di Malam Nisfu Sya'ban

Amalan Nisfu Sya'ban
Taruhlah hadits keutamaan malam nifsy Sya'ban itu shahih, namun bukan berarti dikhususkan amalan khusus pada malam tersebut seperti kumpul-kumpul di malam tersebut dengan shalat jama'ah atau membaca Yasin atau do'a bersama atau dengan amalan khusus lainnya. Karena mengkhususkan amalan seperti itu harus dengan dalil. Jika tidak ada dalil, berarti amalan tersebut mengada-ada.
Walau sebagian ulama ada yang menganjurkan shalat di malam nisfu Sya'ban, namun shalat tersebut cukup dilakukan sendiri. Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, "Mengenai shalat malam di malam nisfu Sya'ban, maka tidak ada satu pun dalil dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya. Namun terdapat riwayat dari sekelompok tabi'in (para ulama negeri Syam) yang menghidupkan malam nisfu Sya'ban dengan shalat."
Ibnu Taimiyah ketika ditanya mengenai shalat nisfu Sya'ban, beliau rahimahullah menjawab, "Jika seseorang shalat pada malam nisfu Sya;ban sendiri atau berjama'ah yang khusus sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian salaf, itu sesuatu hal yang baik. Adapun jika dilakukan dengan kumpul-kumpul di masjid untuk melakukan shalat dengan bilangan tertentu, seperti berkumpul dengan mengerjakan shalat 1000 raka'at,  membaca surat Al-Ikhlas terus menerus sebanyak 1000 kali,ini jelas suatu perkara bid'ah, yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulama." (Majmu' Al Fatawa, 23: 132)

Malam Nisfu Sya'ban Sama dengan Malam Lainnya?

Nisfu Sya'ban
Kalau kita biasa shalat tahajud di luar nisfu Sya'ban, nilainya tetap sama dengan shalat tahajud di malam nisfu Sya'ban. 'Abdullah bin Al Mubarak rahimahullah pernah ditanya mengenai turunnya Allah pada malam nisfu Sya'ban, lantas beliau pun memberi jawaban pada si penanya, "Wahai orang lemah! Yang engkau maksudkan adalah malam nisfu Sya'ban?! Perlu engkau tahu bahwa Allah itu turun di setiap malah (bukan pada malam nisfu Sya'ban saja)." Dikeluarkan oleh Abu 'Utsman Ash Shobuni dalam I'tiqod Ahlis Sunnah (92).
Al 'Aqili rahimahullah mengatakan, "Mengenai turunnya Allah pada malam nisfu Sya'ban, maka hadits-haditsnya itu layyin (menuai kritikan). Adapun riwayat yang menerangkan bahwa Allah akan turun setiap malam itu terdapat dalam berbagai hadits yang shahih. Ketahuilah bahwa malam nisfu Sya'ban itu sudah termasuk pada keumuman hadits semacam itu, insya Allah." Disebutkan dalam Adh Dhu'afa' (3/29).

Perbanyak Amalan Puasa di Bulan Sya'ban

Kalau mau meraih kebaikan, bisa diraih dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya'ban. 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, "Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya'ban." (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Segera Lunasi Hutang Puasa Ramadhan di Bulan Sya'ban

Bagi yang punya hutang puasa Ramadhan, segera dilunasi karena bulan Sya'ban adalah bulan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dari Abu Salamah, beliah mengatakan bahwa beliau mendengar 'Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan, "Aku masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Aku tidaklah mampu mengqodho'nya kecuali di bulan Sya'ban." Yahya (salah satu perowi hadits) mengatakan bahwa hal ini dilakukan 'Aisyah karena beliau sibuk mengurus Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146)

Perbanyak Amalan Bacaan Al-Qur'an di Bulan Sya'ban

Salamah bin Khalil berkata, "Dahulu bulan Sya'ban disebut pula dengan bulan Membaca Al-Qur'an." 'Amir bin Qois ketika memasuki bulan Sya'ban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Al-Qur'an. Abu Bakar Al Balkhi berkata, "Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya'ban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil."

Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah. Semoga Bermanfaat. :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sumber : Diambil dari Timeline Dakwah Islam Line (id : @dakwahislam1) ; Gambar diambil dari Searching di Google