Saturday, March 11, 2017

Disfungsi Zebra Cross Bagian#2: Survey#1

Bagian#2

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Bertemu lagi dengan kami, SAFAR. Kami akan melanjutkan project kami dan sekarang kita masuk ke Bagian#2. Sesuai yang telah dijelaskan pada Bagian#1 minggu kemarin, agenda kali ini adalah tahap pengambilan data melalui pengamatan dan wawancara. Pengambilan data kali ini kami mengambil 2 tempat yaitu, area gerbang belakang Kampus Pusat UNS dan area depan Rumah Sakit DR. Moewardi.
Dari pengamatan dan wawancara kami kepada sejumlah pejalan kaki baik yang tidak taat maupun yang taat, kami memperoleh data sebagai berikut:
  • Area belakang kampus UNS kentingan:
    1. Dari pengamatan kami, pejalan kaki di area ini cenderung tidak menggunakan zebra cross untuk menyebrang jalan.
    2. Seluruh pejalan kaki yang kami wawancarai mengaku tau akan fungsi zebra cross. Mereka juga biasa menggunakan zebra cross untuk menyebrang jalan, hanya saja tergentung akses dan waktu yang dibutuhkan.
    3. Menurut mereka, zebra cross di area ini terlalu jauh dan lampu lalu-lintas yang terpasang pun tidak ditaati oleh para pengguna jalan, sehingga menyebrang dengan atau tanpa melewati zebra cross akan sama saja.
    4. Untuk memaksimalkan fungsinya, menurut mereka, lampu lalu-lintas yang terpasang harus ditaati dan/atau akses menuju zebra cross lebih dekat dan mudah dijangkau.
  • Area depat Rumah Sakit DR. Moewardi:
    1. Dari pengamatan kami, sebagian besar pejalan kaki memanfaatkan zebra cross untuk menyebrang jalan, meskipun masih ada beberapa pejalan kaki yang tidak menggunakan zebra cross.
    2. Orang yang menggunakan zebra cross di area ini merasa terbantu dengan adanya zebra cross. Meskipun garis-garis pada zebra cross tidak terlalu terlihat jelas, namun terdapat lampu lalu-lintas yang dapat diatur nyalanya oleh pejalan kaki yang akan menyebrang.
    3. Orang yang tidak menggunakan zebra cross merasa letak zebra cross terlalu jauh bagi mereka.
    4. Perlu adanya sosialisasi tentang penggunaan zebra cross, serta petugas yang menyebrangkan jalan.
Berikut di bawah ini adalah video dokumentasi pengambilan data yang kami lakukan di area gerbang belakang Kampus Pusat UNS dan area depan Rumah Sakit DR. Moewardi.

Okey, mugnkin cukup sekian informasi terkait Survey#1 dari project kami, ikuti terus perkembangan project kami dengan mengikuti Instagram kami di @kelompok6pancasila, Subscribe channel YouTube kami di bit.ly/Kelompok6Channel, atau ikuti perkembangannya di blog ini pada label Pancasila TI. Atas perhatian teman-teman, saya ucapkan terimakasih. Salam Blogger Indonesia!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal