Friday, June 9, 2017

[Acer x Youthmanual] Kenali Dirimu, Raih Cita-citamu

Yo! Hallo CS reader… Kali ini saya akan membagikan sesuatu yang sangat menarik, terutama untuk siswa/i yang baru saja lulus dan masih bingung atau malah belum kenal banget sama diri mereka sendiri. Waduh, kok bisa? Benerean! Pasalnya masih banyak orang yang salah langkah karena mereka belum memahami diri mereka sendiri, tidak menggali dan mengembangkan potensi diri mereka sendiri, atau malah membohongi diri mereka sendiri dan berakhir dengan kekecewaan di masa yang akan datang.
Buntut dari kekecewaan itu umumnya adalah ketidakbahagiaan dalam melakukan pekerjaan dan menjalani hidup mereka. Ada yang akhirnya meninggalkan pekerjaan tersebut dan memilih hidup menyendiri di hutan, ada pula yang sampai depresi dan nekat mengakhiri hidup. Itu semua akibat dari ketidaktahuan mereka atau malah ketidakmauan mereka untuk mengembangkan keminatan mereka dan memilih melakukan sesuatu yang diri mereka sendiri sebenarnya kurang atau bahkan tidak senang melakukannya.
gambar intro
Jadi, apa solusinya? Solusinya hanya satu, Kenali Dirimu Sendiri! Dengan mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui keunggulan dan kelemahan kita. Kita akan tau keminatan dan ketidakminatan kita pada suatu bidang. Sehingga kita akan mampu merencanakan masa depan kita sendiri yang kita inginkan. Dengan begitu, kita akan merasa senang melakukan pekerjaan kita dan tentunya senang menjalani hidup kita.
Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengenali diri sendiri? Sebenarnya sejak SMP atau mungkin SD kita semua pernah melakukan tes IQ, betul? Dalam hasil test tersebut biasanya tertulis beberapa kemampuan dasar kita, misalnya kemampuan berhitung, bahasa, dan lainnya. Selain itu ada pula rekomendasi untuk melanjutkan sekolah ke mana. Rekomendasi ini biasanya untuk peserta SMP, rekomendasi berupa saran untuk masuk SMA atau SMK, disesuaikan dengan hasil test yg ada.
Tes IQ tersebut merupakan salah satu contoh untuk mengenali diri sendiri dan potensi kita sendiri. Namun hasilnya kurang spesifik. Artinya ada bagian yang belum tersentuh di dalamnya, misalnya kepribadian kita, cara kita menganalisis masalah, cara kita mengambil keputusan dan sebagainya. Lalu, apa yang mampu mendeskripsikan diri kita sendiri?
Ada test serupa yang lebih dapat mendeskripsikan diri kita sendiri, yaitu psikotest. Psikotes ini menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kogintif dan emosional, tentang individu. Dalam psikotes ini kita akan diminta menjawab beberapa pertanyaan yang sebenarnya adalah sampel perilaku yang sudah diamati sebelumnya. Dengan sampel tersebut kita akan tau kita lebih condong ke perlikau yang seperti apa.
Oke. Sepertinya sudah panjang ya pendahuluan saya. Sebenarnya dalam artikel kali ini saya ingin membahas salah satu platform yang menyediakan psikotes secara online. Termasuk untuk persiapan kuliah (bagi siswa), dan karier (bagi mahasiswa dan umum).

Sekilas Tentang Youthmanual

Youthmanual.com adalah platform persiapan kuliah dan karier online berbasis data, didukung oleh teknologi People Science© untuk membantu siswa dalam merancang dan mempersiapkan masa depan mereka. Dikembangkan menggunakan riset ilmiah, Youthmanual mengukur 7 dimensi profil siswa sebagai landasan dalam rekomendasi, perencanaan kuliah dan karier yang terintegrasi, berkesinambungan dan menyeluruh.
7 Dimensi Profil
7 Dimensi Profil
Youthmanual merancang algoritma multi-fit, multi-layering dan platform persiapan kuliah & karier yang menyeluruh, akurat dan mudah digunakan. Didukung oleh teknologi People Science©, platform Youthmanual dikembangkan berdasarkan terobosan terkini di bidang psikologi, pendidikan, data science dan behavioural research yang kami dapatkan dari mempelajari lebih dari 140,000 profil siswa selama 2 tahun terakhir. Hasilnya adalah gambaran dimensi individu paling menyeluruh, dengan tingkat akurasi dan kemampuan prediktif tertinggi.
Tim psikolog, data science, riset dan teknologi Youthmanual menjalin kerja sama dengan ahli psikometri, konselor, praktisi pendidikan dan ahli SDM terbaik di bidangnya dalam mengembangkan teknologi berbasis data dan machine learning yang revolusioner untuk membantu siswa. Platform Youthmanual telah terbukti berhasil mengembangkan potensi siswa dengan merevolusi cara siswa merencanakan kuliah, karier dan merancang masa depannya.

Fitur di Youthmanual

Dari penjelasan sebelumnya, diketahui bahwa Youthmanual mengukur 7 dimensi diri, namun hingga saat ini (11 Juni 2017), baru ada 5 dimensi yang dapat saya temukan. Ke-5 dimensi tersebut diantaranya adalah Kepribadian, Minat, Gaya Belajar, Kemampuan dan Personal Value. Untuk Preferensi Diri, mungkin yang dimaksud adalah eksplorasi profesi dan jurusan yang kita minati untuk kita pilih, sedangkan nantinya dari Youthmanual akan merekomendasikan profesi dan jurusan yang mungkin sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Sedangkan 21st Century Skills masih belum tersedia hingga sampai saat ini. Oke, mari kita bahas satu per satu.
Eksplore
Peta Eksplorasi Youthmanual

Modul Kepribadian

Kepribadian
Modul kepribadian ini terdiri dari 4 elemen, yaitu:
  • Elemen pertama menunjukkan bagaimana kita mengerahkan dan menerima energi, termasuk tentang apa yang menjadi fokus kita, apa yang membuat kita berenergi atau kelelahan, ke mana kita mengarahkan energi, dan apa yang kita inginkan dalam kontak dengan orang lain.
  • Elemen kedua menunjukkan bagaimana kita mengambil informasi, termasuk jenis informasi apa yang kita mudah mengerti, jenis informasi apa yang kita cari dan anggap penting.
  • Elemen ketiga menunjukkan bagaimana kita membuat kesimpulan dan mengambil keputusan, termasuk proses yang kita lalui saat mengambil keputusan, pertimbangan dan konsekuensi apa yang kita pertimbangkan, dan keputusan seperti apa yang lebih sering kita buat.
  • Elemen keempat menunjukkan bagaimana kita menghadapi dunia luar, termasuk seberapa terstruktur kehidupan yang kita inginkan, bagaimana kita menghadapi tugas yang harus diselesaikan, apa yang kita lakukan dengan informasi baru, dan seberapa banyak informasi yang dibutuhkan sebelum membuat keputusan.
Selain keempat elemen di atas, hasil dari modul ini juga menjelaskan secara detail deskripsi kepribadian kita, super power (kekuatan/kelebihan) kita, kelemahan kita, posisi kita di lingkungan sosial, gaya belajar dan bekerja kita, bahkan sampai pilihan karier yang cocok, tokoh yang mirip (baik nyata maupun fiksi), dan fun fact tentang kita. Wow!

Modul Minat (Keminatan)

Keminatan
Pada modul ini, kita akan mengetahui bidang apa saja yang kita minati dan kurang kita minati. Ada 6 bidang keminatan yang ada di modul ini, yaitu:
  • Analisis
    The Curious Analyst gemar mengamati, menganalisa, dan mencari solusi untuk berbagai hal.. Ia biasanya penuh rasa ingin tahu, penasaran sama berbagai hal, dan nggak gampang nerima informasi begitu aja. Bukan berarti cuma suka sains dan yang eksak-eksak saja, tapi bisa juga menyukai penelitian di bidang sosial dan humaniora.
  • Persuasi dan Kepemimpinan
    The Charismatic CEO senang memimpin, mengatur, serta meyakinkan orang lain. Sedari muda, ia biasanya sudah dipercaya untuk jadi pemimpin. Selain itu ada juga yang gemar mengasah kemampuannya berbisnis dan meyakinkan orang lain, misalnya dengan punya online shop kecil-kecilan atau jadi bagian sponsorship di kepanitiaan acara sekolah.
  • Kerja Lapangan
    The Practical Doer suka bekerja dengan tangannya untuk membuat, memperbaiki, atau membangun sesuatu. Ia juga suka mengoperasikan peralatan dan mesin. Kegiatan kerja lapangan dan outdoor juga sangat menarik minatnya, apalagi yang berhubungan dengan alam bebas, binatang dan tumbuhan. Sebaliknya, ia nggak terlalu berminat dengan pekerjaan yang berhubungan dengan manusia.
  • Sosial
    Seperti seorang superhero, ia suka berbuat sesuatu untuk orang lain. Ia gemar berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang. The People Hero suka pekerjaan yang bisa berbagi, menolong atau menyembuhkan orang lain. Ia juga suka melatih, mengajar serta menginspirasi orang lain. Biasanya, ia mudah memahami orang lain. Alhasil, ia pun pandai membawa diri dan mahir berkomunikasi.
  • Administrasi
    The Efficient Organizer suka bekerja dengan data dan mengerjakan pekerjaan yang sifatnya rutin. Ia suka pekerjaan yang menuntut akurasi tinggi, perencanaan yang baik, dan mengikuti prosedur. Biasanya,hal ini ditunjang dengan kemampuan yang baik dalam mengolah informasi dan bekerja dengan angka.
  • Kerja Kreatif
    The Creative Maestro adalah orang yang memiliki kepekaan seni, jiwa artistik, kemampuan di bidang seni, serta gemar berimajinasi. Ia suka memanfaatkan kreativitas dan daya imajinasi untuk membuat atau memodifikasi sesuatu. Ia bisa mengekspresikan pikiran dan perasaannya lewat berbagai media seni, bisa tarian, lagu, gambar, tulisan, atau pertunjukan.
6 Bidang Keminatan
6 Bidang Keminatan
Modul ini akan menjelaskan keminatan terbesar kita ada di bidang apa saja. Jika kita memiliki 3 keminatan dengan skor tertinggi, artinya perlu mempertimbangkan cita-cita dalam memilih profesi dan jurusan. Namun jika kita hanya punya sedikit keminatan, maka kita seharusnya banyak mencoba hal baru, terutama pada bidang-bidang yang lainnya. Jika tidak mencoba, bagaimana kita akan tau hasilnya, right?

Modul Gaya Belajar

Gaya Belajar
Modul ini memberitahukan gaya belajar kita berdasarkan pada beberapa faktor seperti, kondisi, pencahayaa, suhu, ruangan, situasi, motivasi, perasaan, dan lainnya. Tak hanya menentukan hal-hal tersebut, Youthmanual juga memberikan tips kepada kita agar belajar kita lebih efektif dan efisien.

Modul Kemampuan

Kemampuan
Modul ini yang paling menyita banyak waktu. Maksimal hampir 1 jam waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan modul ini. Di modul ini kita akan disuguhkan 6 paket soal dengan masing-masing paket berbeda waktu pengerjaan-nya. Ke-6 paket soal tersebut antara lain:
  • Memilih gambar sesuai dengan pola yang ada,
    Paket soal ini bertujuan untuk mencari tahu cara kita dalam mengambil kesimpulan dengan pola. Durasi mengerjakannya adalah maksimal 10 menit dengan total 20 soal di dalamnya. Nantinya kita akan diberi deretan pola dan kita disuruh untuk memilih satu pola untuk melengkapi deretan pola tersebut.
  • Menyelesaikan persoalan dengan memperhatikan fakta yang ada,
    Paket soal ini bertujuan untuk mencari tahu cara kita dalam mengambil kesimpulan dengan fakta. Durasi mengerjakannya adalah maksimal 13 menit dengan total 20 soal di dalamnya. Nantinya kita akan diberi informasi berupa fakta yang ada dan kita disuruh untuk memilih jawaban yang sesuai dengan fakta yang ada.
  • Bekerja dengan angka dan operasi hitung,
    Paket soal ini bertujuan untuk melihat kemampuan kita dalam mendeskripsikan logika matematika. Durasi mengerjakannya adalah maksimal 15 menit dengan total 15 soal di dalamnya. Nantinya kita akan diberi rangkaian deret angka dan kita diminta untuk memilih satu buah angka untuk melengkapi deret tersebut.
  • Membayangkan bentuk tiga dimensi,
    Paket soal ini bertujuan untuk melihat kemampuan kita dalam membayang-kan bentuk tiga dimensi. Durasi mengerjakannya adalah maksimal 6.5 menit dengan total 20 soal di dalamnya. Nantinya kita akan diberi gambar sebuah bentuk tiga dimensi dan kita diminta untuk memilih gambar dengan bentuk yang sama tetapi dari sudut pandang yang berbeda.
  • Mengurutkan informasi secara cepat dan tepat,
    Paket soal ini bertujuan untuk melihat kemampuan kita dalam berpikir cepat dan tepat. Durasi mengerjakannya hanya sebatas 5 menit dan terdapat 50 soal di dalamnya. Nantinya kita akan diberi 4 buah nilai dan kita diminta untuk mengurutkannya mulai dari yang terkecil hingga terbesar.
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang ada,
    Paket soal ini bertujuan untuk melihat kemampuan kita dalam memahami bacaan. Durasi mengerjakannya adalah maksimal 13 menit dengan total 20 soal di dalamnya. Nantinya kita akan diberi sebuah bacaan yang mengandung informasi dan kita diminta untuk menjawab pertanyaan seputar informasi yang ada di dalam bacaan tersebut.
6 Indikator Kemampuan
6 Indikator Kemampuan
Hasilnya berupa deskripsi kemampuanmu, baik kekuatan maupun kelemahanmu dan pengaruhnya dalam kehidupan, serta disertai juga dengan tips untuk mengatasi kelemahamnu. Hasil ini terbagi pada masing-masing paket soal yang diujikan.

Modul Personal Value

Personal Value
Modul ini bertujuan untuk mencari tau dan menjelaskan nilai-nilai apa yang terpenting dalam kehidupan kita. Nilai ini merupakan bentuk dari norma, pendidikan, dan pengajaran yang kita peroleh sejak keci. Dan nilai ini lah yang mendasari perilaku kita, pilihan-pilihan hidup kita, sudut pandang kita, dan keputusan-keputusan yang kita ambil. Dengan mengetahui nilai-nilai ini dan pengaruhnya dalam kehidupan kita, kita akan dapat menentukan profesi atau jurusan yang paling sesuai dengan kehidupan kita.

Modul Preferensi Diri

Preferensi Diri
Saya mendeskrispikan modul ini sebagai pilihan-pilihan kita, entah itu profesi, jurusan, hingga kampus. Nah di Youthmanual ini ada lebih dari 450 profesi dan lebih dari 200 jurusan yang dapat kita eksplore. Hampir semua informasi terkait profesi dan jurusan tersebut dapat kita peroleh di sini.
Untuk profesi sendiri kita akan mendapatkan informasi mengenai deskripsi profesi, jenjang pendidikan minimal yang dibutuhkan, kococokan dengan kita (minat dan kemampuan), contoh jabatan dan tugas, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan minimum, sampai prediksi gaji yang dapat kita peroleh.
Sedangkan terkait jurusan, kita akan mendapatkan informasi lengkap dari kakak-kakak mahasiswa yang lebih dulu menempuh pendidikan di jurusan tersebut. Sehingga informasi yang kita dapatkan pun lebih valid, karena berasal dari sumbernya langsung. Sama seperti informasi profesi, informasi jurusan ini pun lengkap sekali. Kita akan mendapatkan informasi mengenai deskripsi jurusan, mata kuliah yang diajarkan, karakteristik yang sesuai, kecocokannya dengan kita (minat dan kemampuan), prospek kerja, hingga testimonial dari kakak-kakak mahasiswa yang pernah kuliah di jurusan tersebut di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Terakhir, selain bisa mengeksplore profesi dan jurusan, kita juga dapat mengeksplor perguruan tingginya lho. Ada sekitar 400 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dapat kita temukan informasinya di sini. Selain basis data yang lengkap, informasi detail dari masing-masing perguruan tinggi pun sangat lengkap. Selain informasi akademik seperti akreditasi, jumlah fakultas, prodi, mahasiswa dan dosen, serta biaya SPP, kita juga dapat menemukan data alumni dari perguruan tinggi tersebut seperti di mana alumni bekerja dan sebagai apa, serta jurusan yang terpopuler di perguruan tinggi tersebut. Informasi di luar perkuliahan pun ada lho, seperti fasilitas pendukung baik di kampus maupun di luar, unit kegiatan mahasiswa dan lain sebagainya. Semua ada di Youthmanual ini!

Naah pasti kalian bertanya kan, dari mana saya mendapatkan inforamsi lengkap tentang Youthmanual ini? Jawabanya adalah karena saya sudah mengeksplore hampir semua fitur yang ada di Youthmanual ini, jadi saya dapat menjamin bahwa apa yang saya sampaikan di artikel ini akan kalian temukan di Youthmanual. Trust me, it works!
Dan buat kalian yang penasaran dengan hasil yang saya dapatkan setelah mengeksplore diri saya sendiri, tenang saja. Saya sudah menyiapkan rangkuman yang sama persis dengan apa yang saya dapatkan dar Final Report Youthmanual! Silahkan baca sendiri di di bawah ini.

Sekarang pasti kalian bertanya, apakah hasil itu benar-benar menunjukkan diri saya? Yup, saya berani jamin 85% dari informasi tersebut mendeskripsikan diri saya. Yang 10% sisanya adalah di pilihan jurusan dan profesi, karena saya sendiri sebenarnya kurang tertarik di jurusan dan profesi tersebut. Selanjutnya, 5% lainnya ada di kemampuan dan potensi, ada beberapa hal yang saya rasa kurang sesuai menggambarkan diri saya. Mungkin karena saya kurang fokus saat mengisi modul. Ya sebenarnya saya mengisinya saat sedang duduk di kelas dan mendengarkan dosen, jadi fokus saya terpecah.
But, overall sesuai dengan diri saya sendiri. Dan ada bonusnya lho… Apa itu? Pertama saya diberi sebuah Timeline yang dapat menunjang karier saya, baik sebagai mahasiswa maupun selepas setelah wisuda. Kedua, saya diberi fasilitas untuk membuat CV secara otomatis. Wow! Luar biasa! Mungkin ini terjadi karena saya sudah jadi mahasiswa kali ya, untuk yang masih siswa saya tidak tau fitur ini ada atau tidak. Hehe...

Kenapa Youthmanual?

Ada beberapa alasan yang membuat saya merekomendasikan Youthmanual untuk kalian. Pertama, Youthmanual mampu membantu saya untuk lebih mengenali diri saya sendiri. Dengan adanya pendekatan psikologis dan bantuan data yang sangat lengkap. Saya mampu lebih mengenali diri saya sendiri sesuai dengan 7 dimensi profil yang ada di Youthmanual. Selain itu hasil analisa yang disajikan juga sangat akurat. Sekitar 85% dari hasil analisa tersebut sesuai dengan yang ada di diri saya.
Kedua, Youthmanual mampu membantu saya dalam merancanakan masa depan saya. Dengan adanya bank informasi mengenai profesi, jurusan, hingga perguruan tinggi, saya mampu secara matang merencanakan masa depan saya. Dipandu dengan analisa kecocokan lebih memudakan saya dalam menentukan hal-hal tersebut. Ditambah dengan timeline yang saya dapat, saya dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.
Ketiga, data-data yang ada di Youthmanual sangatlah lengkap. Seperti yang sebelumnya saya jelaskan, Youthmanual memiliki data lebih dari 450 profesi, lebih dari 200 jurusan dan hampir 400 perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, data-data yang disajikan juga sangat lengkap. Sehingga saya tidak perlu khawatir akan kekurangan informasi.
Keempat, tampilan Youthmanual yang friendly dan tidak membosankan. Yup! Tampilan Youthmanual akan tetap friendly saat dibuka di berbagai gadget. Selain itu desain yang ditampilkan juga tidak membuat bosan, ditambah dengan adanya ilustrasi gambar membuat tampilan ini lebih menarik.
Terakhir, tidak hanya menyajikan test, tapi juga menyediakan informasi. Youthmanual ternyata tidak hanya menyediakan tes saja lho. Ada berbagai informasi yang dapat kalian temukan di Youthmanual, mulai dari deskripsi hingga tips trik ada semua di sini. Banyak lah untungnya.
Oh iya, hampir saja lupa. Fitur-fitur yang saya sampaikan diatas adalah fitur Youthmanual Premium. Kita akan dikenakan biaya sekitar Rp. 79 ribu. Tapi jangan khawatir, hasil yang dapatkan akan sebanding dengan apa dikeluarkan kok, bahkan lebih banyak yang kita dapatkan. Trust Me!

Acer Swift 3 Sang Explorer!

Swift 3
Sebelumya saya sudah pernah me-review laptop yang satu ini. Acer Swift 3, Kenapa saaya bilang sang explorer? Itu karena:
  1. Performanya cepat hampir pada setiap proses. Salah satu yang saya sangat inginkan dari laptop ini adalah Acer Swift 3 ini mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet hingga 5x dengan adanya Dual Band WLAN AC 2×2 MU-MIMO. Dengan internet yang cepat, maka kita dapat mengeksplore lebih banyak hal di internet, termasuk mengeksplore diri sendiri lewat Youthmanual.
  2. Daya tahan baterai yang luar biasa. Ya, Acer Swift 3 ini memiliki baterai yang dapat tahan selama 12 jam. Membuat mobilitas laptop ini lebih tinggi daripada laptop yang lain. Aktifitas eksplore di dunia nyata pun lebih nyaman saat ditemani Acer Swift 3 ini.
  3. Tingkat keamanan yang tinggi. Fitur ini diunggulkan karena Acer Swift 3 ini dibekali dengan sensor sidik jari (finger print), sehingga lebih aman meskipun kita bawa saat melakukan kegiatan eksplore.
  4. Tipis dan ringan! Ya, untuk ukuran laptop dengan layar 14", bobot Acer Swift 3 ini hanya sekitar 1.5 kg. Selain itu ketebalan laptop ini tidak mencapai 2cm lho, tepatnya hanya 17.95 mm, jadi tidak memakan banyak ruang di tas kita dan tidak terlalu membebani tas kita.

Kesimpulan

Sebagai generasi muda yang kekinian, kita sangat perlu untuk mengenali diri kita sendiri lebih dalam dan merancang masa depan kita masing-masing untuk meraih cita-cita kita. Untuk itu saya merekomendasikan Youthmanual sebagai partner kita untuk mengenali diri dan merancang masa depan kita sendiri. Selain itu, untuk menunjang kegiatan eksplore tersebut, saya juga merekomendasikan Acer Swift 3 untuk menjadi partner kalian. Dengan melihat keunggulan-keunggulan laptop ini, saya rasa sangat cocok untuk menemani hari-hari kita menjelajah dunia nyata maupun dunia maya. Yuk daftar Youthmanual dan pakai Acer Swift 3!

Sekian review kali ini, mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan baik dalam penulisan kata ataupun yang lainnya. Terimakasih sudah mau membaca sampai para kalimat ini. Salam Blogger Indonesia!

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal