Monday, November 17, 2014

Dampak-Dampak Perkembangan Teknologi

Assalamu'alaikum...

Perkembangan Teknologi

Apa Itu Teknologi?

Teknologi Masa Depan
Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) saat ini sudah sangatlah pesat, namun sudahkah Anda tau apa itu Teknologi? Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Secara umum, Teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Ia adalah istilah yang mencakupi banyak hal, dapat juga meliputi alat-alat sederhana, seperti linggis atau sendok kayu, atau mesin-mesin yang rumit, seperti stasiun luar angkasa atau pemercepat partikel. Alat dan mesin tidak mesti berwujud benda; teknologi virtual, seperti perangkat lunak dan metode bisnis, juga termasuk ke dalam definisi teknologi ini.
Kata "Teknologi" juga digunakan untuk merujuk sekumpulan teknik-teknik. Dalam konteks ini, ia adalah keadaan pengetahuan manusia saat ini tentang bagaimana cara untuk memadukan sumber-sumber, guna menghasilkan produk-produk yang dikehendaki, menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan; ia meliputi metode teknis, keterampilan, proses, teknik, perangkat, dan bahan mentah. Ketika dipadukan dengan istilah lain, seperti "Teknologi Medis" atau "Teknologi Luar Angkasa", ia merujuk pada keadaan pengetahuan dan perangkat disiplin pengetahuan masing-masing. "Teknologi State-Of-The-Art" (teknologi termutakhir, sekaligus tercanggih) merujuk pada teknologi tinggi yang tersedia bagi kemanusiaan di ranah manapun. :W (Sumber : Wikipedia)

Bagaimana Perkembangan Teknologi Itu?

Evolusi Komputer
Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu zaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Telah membuat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia (Molina : Mobil Listrik Nasional). Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah. Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi (Sumber : Wikipedia), yaitu :
  1. Kemajuan teknologi yang bersifat netral (Neutral Technological Progress)
    Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  2. Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (Labor-Saving Technological Progress)
    Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari yang sederhana sampai sepeda hingga jembatan.
  3. Kemajuan teknologi yang hemat modal (Capital-Saving Technological Progress)
    Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

Bagaimana dengan Dampak-Dampak Perkembangan Teknologi?

Setiap perbuatan pasti ada baik dan ada buruknya. Setiap alat pasti ada kelebihan dan ada kelemahannya. Setiap hal pasti ada positifnya dan juga ada negatifnya. Seperti halnya itu, Perkembangan Teknologi yang semakin canggih pastilah ada dampak positif dan negatifnya, tergantung bagaimana sudut pandang dan penilaian kita. Berikut saya uraikan Dampak-Dampak Perkembangan Teknologi baik yang positif maupun yang negatif.

Dampak Positif

Dampak positif adalah dampak yang memberikan nilai positif dalam kehidupan kita. Nilai positif ini misalnya adalah kemudahan. Apa saja Dampak Positif Perkembangan Teknologi? Berikut ulasannya :
  • Dalam Bidang Kesehatan dan Kedokteran
    USG
    Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat juga membawa dampak positif dalam bidang kesehatan dan kedokteran, misalnya
    1. Penanganan Pengobatan Lebih Cepat
      Perkembangan teknologi memacu perkembangan alat-alat kesehatan dan alat-alat kedokteran yang semakin canggih yang memungkinkan penanganan pengobatan yang lebih cepat dan efisien.
    2. Diagnosis Penyakit Lebih Akurat
      Perkembangan teknologi juga membuat perkembangan mesin-mesin baru yang dapat mendiaknosis berbagai hal secara akurat dan cepat. Misalnya munculnya mesin USG untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan, munculnya mesin radiologi yang bisa melakukan foto rongen dengan sinar X, dan muncul juga alat-alat lain yang dapat mendiagnosis penyakit-penyakit kronis seperti kanker.
    3. Penemuan Obat dan Vaksin Baru
      Dengan pengaruh perkembangan teknologi, para peneliti juga dapat meneliti virus / bakteri penyebab penyakit yang dahulu belum ada obatnya. Dan setelah diteliti, sekarang para ilmuwan pun dapat membuat ramuan obat yang dapat menyembuhkan penyakit yang dahulu bahkan belum ada obatnya. Dengan teknologi yang baru pula, para ilmuwan juga dapat melemahkan virus atau bakteri tersebut menjadi vaksin yang aman untuk manusia
    4. Penyembuhan Penyakit dengan Alat Modern
      Sudah banyak alat-alat kedokteran canggih yang diciptakan berkat perkembangan pesat teknologi. Bahkan penyembuahan penyakit pun tidak hanya dengan meminum obat dan istirahat, untuk penderita kanker misalnya, mereka dapat melakukan penyinaran sinar radioisotop dengan alat modern untuk menyembuhkan sel kanker yang ganas pada tubuh mereka.
  • Dalam Bidang Pendidikan
    E-Book
    Perkembangan teknologi memacu perkembangan alat-alat kesehatan dan alat-alat kedokteran yang semakin canggih yang memungkinkan penanganan pengobatan yang lebih cepat dan efisien.
    1. Akses Materi Pendidikan Lebih Luas
      Dalam teknologi yang sekarang ini memungkinkan pelajar ataupun mahasiswa, bahkan umum untuk mencari materi-materi pendidikan di dalam Internet. Materi-materi pendidikan itu biasanya berupa artikel dalam e-learning ataupun E-Book yang dapat disalin, didownload ataupun dicetak untuk kepentingan pendidikan.
    2. Dapat Belajar Sendiri
      Dengan akses materi pendidikan yang lebih luas, manusia zaman sekarang dapat belajar sendiri dari materi-materi / tutorial yang didownloadnya. Bahkan tak jarang yang belajar sendiri (Otodidak) melalui internet justru lebih mahir dibandingkan yang belajar formal dengan perantara guru / tutor.
    3. Akses Informasi Lebih Banyak
      Akses informasi lebih banyak memudahkan orang untuk mendapatkan informasi. Dulu akses informasi hanya melalui surat kabar (koran), radio, televisi, dan berita beranting (berantai) dari mulut ke mulut. Dengan perkembangan teknologi, akses informasi menjadi lebih banyak, ditambah lagi munculnya dunia Internet menambah proses mencari dan menyebarkan informasi secara cepat dan mudah.
    4. Referensi Pendidikan Lebih Luas
      Dulu orang hanya punya referensi dari buku yang berasal dari perpustakaan, namun dengan berkembangnya teknologi referensi online pun sekarang sudah dapat dipercaya. Referensi online yang sering dipakai misalnya Wikipedia e-learning dan E-Book.
  • Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis
    ATM
    Zaman dahulu perekonoian, bisnis dan jual beli masih menggunakan cara-cara standar. Orang hanya bisa mengambil uang di bank lewat bank, proses jual beli harus bertemu dan proses pemesanan barang juga dengan cara bertemu langsung.
    Dengan berkembangnya teknologi muncul alat yang dapat membantu kita dalam menangani urusan perbankan seperti tarik tunai dan transfer tanpa harus ke bank yaitu ATM (Automatic Taller Machine). Dengan berkembangnya teknologi internet, proses jual beli tidak harus bertemu langsung. Proses pemesanan barang pun menjadi lebih mudah dengan adanya Internet dan alat komunikasi lain seperti Mobile Phone (Hand Phone / HP). Selain dengan ATM, urusan perbankan juga dapat melalui e-commerce, e-banking dan mobile banking. E-banking ini melayani cek saldo dan transfer, sedangkan mobile banking sampai saat ini masih terbatas pada pesan singkat (SMS) pemberitahuan tentang transaksi perbankan (Pengambilan dan Transfer), itupun terbatas pada nominal tertentu. Jika perangkat seluler Anda bisa terkoneksi dengan Internet, layanan e-banking pun bisa menjadi mobile banking.
  • Dalam Bidang Komunikasi dan Sosial
    Facebook
    Zaman dahulu akses komunikasi sangatlah sulit, terlebih lagi jika terpisah oleh jarak yang jauh. Untuk menayakan kabar harus berkirim surat yang proses pengirimannya dapat memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu, itu pun tidak pasti sampai ke penerima. Namun sekarang setelah perkembangan teknologi yang pesat, jarak bukan lagi halangan. Bahkan kita dapat bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang sangat jauh. Komunikasi pun dapat dilakukan dengan cepat dan murah. Banyak jejaring sosial di Internet yang mampu menghubungkan milyaran orang dinunia, misalnya Facebook dan Twitter. Dengan facebook kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia manapun secara gratis. Dengan Mobile Phone (Hand Phone / HP) yang sekarang hampir semua orang punya, kita dapat berkirim pesan singkat (SMS) dan berbicara (Telephon) dengan cepat dan mudah dan biayanya pun relatif murah. Dengan akses komunikasi yang mudah, maka hubungan sosial pun tetap terjalin.
  • Dalam Bidang Militer
    Mobil Panser
    Dunia militer juga tidak kalah mencengangkan. Dengan berkembangnya teknologi berkembang pula persenjataan ke arah yang lebih modern. Dengan munculnya senjata api bermesin, kendaraan perang (Tank / Panser), kapal perang / kapal selam, dan juga pesawat tempur menandai bahwa perkembangan teknologi dibidang ini sangatlah pesat. Ditambah lagi dengan dijatuhkannya Bom Atom di 2 kota Jepang pada tahun 1945 lalu menambah kengerian dunia militer abad ini dan selanjutnya.
  • Dalam Bidang Sosial Budaya
    Perkembangan teknologi akan memicu terjadinya globalisasi di semua aspek kehidupan termasuk bidang sosial budaya. Dengan akses informasi yang mudah dan cepat, serta tidak adanya batas jarak membuat pertukaran budaya menjadi lebih mudah.  Selain terjadi pertukaran budaya, perpaduan budaya juga dapat terjadi. Munculnya perpaduan budaya menambah keanekaragaman budaya.
  • Dalam Bidang Industri dan Ilmu Pengetahuan
    Ilustrasi Rekayasa Genetik
    Perkembangan teknologi juga memacu perkembangan ilmu pengetahuan ke arah yang lebih modern. Dampak positifnya misalnya :
    1. Proses Produksi dan Industri Lebih Cepat dan Efisien
      Perkembangan teknologi juga membuat perkembangan alat-alat produksi dan industri yang semakin moderm dan canggih. Dengan berkembangnya alat-alat tersebut, maka bukan tidak mungkin bahwa proses produksi dan industri suatu produk menjadi lebih cepat dan juga lebih efisien. Ditambah lagi alat-alat produksi tersebut biasanya melakukan pekerjaan yang sulit dilakukan oleh manusia biasa, alhasil pekerjaan manusia pun menjadi lebih mudah dan lebih ringan.
    2. Penemuan Bibit Tanaman Unggul
      Penelitian para ilmuwan berhasil menemukan berbagai bibit tanaman unggul yang dapat berbuah banyak, tahan terhadap hama, dan proses panen yang cepat dengan hasil melimpah. Dengan perkembangan teknologi para ilmuwan berhasil mendapatkan bibit tanaman unggul dengan cara rekayasa genetik dengan bantuan alat modern.
    3. Penemuan Spesies Hewan Ternak Yang Unggul
      Dalam bidang peternakan pun sekarang sudah banyak dihasilkan spesies-spesies binatang unggul. Dengan berkembangnya teknologi memungkinkan manusia untuk mengambil sifat produktif dari hewan ternentu dan menggabungkannya dengan sifat produktif hewan lain yang masih berkerabat dekat. Dengan cara ini (Rekayasa Genetik) sudah dihasilkan banyak hewan ternak unggul, misalnya ayam potong yang bisa dengan cepat menghasilkan daging ayam yang banyak dan ayam petelur yang bisa dengan cepat menghasilkan telur yang banyak pula.
    4. Munculnya Teknik Perkembangbiakan yang Modern
      Dahulu kita menerapkan teknik tradisional dalam mengembangbiakkan tumbuhan atau hewan misalnya, stek (batang / daun) dan cangkok. Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini kita dapat mengembangbiakkan tumbuhan dengan cara kultur jaringan dan dapat menghasilkan banyak tumbuhan dalam waktu singkat. Pada hewan, kita mengenal teknik kloning yang dapat menghasilkan hewan tanpa adanya pembuahan sel telur (Perkawinan), namun teknik ini tidak boleh digunakan untuk manusia karena melanggar kuasa tuhan.

Dampak Negatif

Selain berdampak positif, perkembangan teknologi pun membawa dampak negatif pada manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan. Apa saja Dampak Negatif Perkembangan Teknologi? Berikut ulasannya :
  • Dalam Bidang Kesehatan dan Kedokteran
    Uang Sakit
    Dampak negatif yang paling terasa adalah mahalnya biaya pengobatan. Ini dikarenakan proses pengobatan menggunakan alat-alat kedokteran yang canggih yang harga beli dan perawatannya terbilang sangat mahal. Selain itu obat-obatan juga menjadi mahal yang juga karena proses pembuatan dan bahan baku obat tersebut juga terbilang mahal. Jika Anda sakit apalagi sakit Anda parah, bersiaplah Anda membayar mahal untuk proses pengobatan dan penyembuhan Anda.
  • Dalam Bidang Pendidikan
    PlayStation 3
    Selain menyediakan banyak informasi yang mendidik, ternyata Internet juga menyediakan banyak hal lain. Hal-hal lain tersebut misalnya adalah game yang bersifat online (harus terhubung internet) yang membuat anak-anak ataupun remaja yang masih dalam usia belajar dan orang tua sekalipun ikut memainkannya. Hal ini terbilang tidak mendidik, karena kebanyakan dari "Pecandu" game tersebut merasa malas untuk bersekolah dan memilih untuk bermain game.
    Tidak hanya internet, berkembangnya teknologi juga membuat berkembang pula alat permainan. Dulu alat permainan ini masih sederhana, misalnya "Game bot", lalu berkembang menjadi "Nitendo", berkembang lagi menjadi "Play Station (PS)", dan sekarang game pun sudah menyusup kedalam perangkat seluler dan gatget seperti smartphone dan tablet. Ini pun membawa dampak yang kurang baik dalam bidang pendidikan. Walaupun game hanya bersifat "Hiburan", namun jika penggunaannya tidak ingat waktu bahkan untuk belajar maka ini juga tidak baik dan membawa dampak negatif.
  • Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis
    Cybercrime
    Dengan berkembangnya Internet dan mesin ATM, sekarang manusia dapat berbisnis walaupun hanya di depan layat. Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, ternyata transaksi jual beli di Internet sangatlah rawan dan terkadang tidak aman. Banyak situs "Toko Online" dan situs lainnya yang menyediakan dan menjual barang dan jasa secara online, namun jika kita tidak berhati-hati dalam berbisnis, kita justru akan menjadi korban penipuan. Banyak modus penipuan yang kerap dilakukan, contoh nyatanya adalah banyak barang yang dijual online ternyata palsu atau barang aslinya memang tidak ada, sedangkan jika kita ingin membeli barang tersebut kita diharuskan transfer sejumlah uang. Setelah transfer ternyata barang tak kunjung datang dan nomor / contact tidak dapat dihubungi kembali. Uang pun hilang dan barang pun tidak ada, Anda pun kena tipu.
    Jika kita ingin berbelanja online hendaklah berhati-hati dalam memilih situs "Toko Online". Pilihlah situs yang terpercaya dan banyak yang sering berbelanja disitu dengan Aman. Jika Anda masih belum yakin, pilihlah proses pembayaran langsung atau Cash on Delivery (COD) jangan yang transfer bank. Datangi langsung alamat penjualnya dan lihat langsung barang yang dijual sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Itu hanya sekedar tips dari saya. :D
  • Dalam Bidang Komunikasi dan Sosial
    Penyendiri
    Sering terjadi orang yang aktif didunia Internet (Online) justru malah kurang aktif dan kurang komunikatif dengan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Kebanyakan orang yang suka menggunakan Internet justru malah sering mengurung diri di dalam rumah / kamar dan jarang berkomunikasi dengan orang-orang lain di lingkungannya. Mereka disibukkan dengan kegiatan online dan kegiatan yang ada didunia maya tanpa memperdulikan kegiatan dikehidupan nyata (Real Life). Ini bisa menjadi masalah sosial karena orang yang ada di lingkungan Anda merasa Anda adalah orang asing, begitu juga sebaliknya.
    Apakah Anda termasuk orang yang saya uraikan diatas? Jika iya, maka mulailah bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain di sekitar Anda terutapa tetangga-tetangga dekat. Karena merekalah yang akan membantu kita jika kita membutuhkan pertolongan. Selain itu berlaku juga timbal balik antara Anda dan orang-orang di sekitar Anda, jika Anda memperhatikan mereka dan menyayangi mereka, tentu mereka akan melakukan hal yang sama kepada Anda.
  • Dalam Bidang Militer
    Konflik
    Dengan berkembangnya teknologi persenjataan militer, tiap negara bersaing membuat senjata yang "Mutakhir" satu sama lain. Terkadang dilakukan uji coba terhadap senjata baru yang berhasil dibuat. Uji coba tersebut tidaklah main-main, ada yang melakukannya tetap di dalam laboratorium, ada yang melakukan uji coba bom atom di suatu wilayah lapang kosong, ada juga yang melakukan uji coba langsung. Terkadang uji coba ini justru malah menimbulkan konflik, nah konflik inilah yang menjadi dampak negatif dari perkembangan teknologi di bidang militer.
  • Dalam Bidang Sosial Budaya
    Budaya K-Pop
    Perkembangan teknologi memicu terjadinya globalisasi di bidang manapun termasuk sosial budaya. Ini membuat banyaknya kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk ke dalam suatu negara. Kebudayaan-kebudayaan tersebut tentu ada yang baik dan ada pula yang buruk. Kita tidak harus menolak semua kebudayaan yang masuk, melainkan memfilternya dengan baik kebudayaan mana yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan negara kita. Perkembangan teknologi juga membawa pengaruh budaya yang serba instan dan konsumtif, terlebih pada negara-negara yang sedang berkembang. Jika kebudayaan mereka tidak kuat, maka lambat laun kebudayaan itu akan tergerus dan tergantikan oleh budaya baru yang dibawa oleh bangsa / negara lain.
  • Dalam Bidang Industri dan Ilmu Pengetahuan
    Pencemaran Air
    Di bidang Industri dan Ilmu Pengetahuan, ada banyak dampak negatif yang dapat kita temukan. Beberapa dapat terlihat jelas oleh mata, beberapa yang lain tidak terlihat. Apa saja itu? Simak uraiannya di bawah ini :
    1. Rusaknya Lingkungan dan Ekosistem
      Rusaknya lingkungan bukan tanpa alasan, dengan perkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju, banyak industri-industri bersekala besar yang membuang limbah-limbah berbahaya langsung ke lingkungan. Limbah-limbah ini biasanya dibuang langsung ke sungai. Ini bisa mengakibatkan rusaknya lingkungan akibat tercemarnya air oleh limbah pabrik.
      Tidak hanya air, udara juga ikut tercemar karena keberadaan pabrik ini. Asap hitam yang membumbung tinggi setiap hari mengakibatkan tercemarnya udara yang dihirup manusia. Pencemaran udara ini juga mengakibatkan pemanasan global / Global Warming.
      Perkembangan Ilmu Pengetahuan yang selaras dengan Perkembangan Teknologi juga merusak lingkungan. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tercipta alat-alat baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia sekaligus memanjakan kehidupan manusia. Misalnya saja AC (Air Conditioner), AC ini memudahkan manusia sekaligus memanjakan manusia dengan keadaan ruangan yang dingin. Tetapi ini merusak lingkungan karena menggunakan gas pendingin "Freon" yang dapat memecah Ozon "O3" di atmosfer. Dengan berkurangnya kadar Ozon, maka dapat berdampak naiknya suhu bumi atau yang disebut dengan Global Warming.
    2. Hilangnya Pekerjaan Para Buruh Kerja
      Ini tidak jarang terjadi saat ini. Pabrik industri yang dulu banyak mempekerjakan buruh, sekarang diganti dengan robot-robot canggih yang tak kenal lelah memproduksi barang-barang. Mungkin masih banyak pabrik yang masih mempekerjakan buruh, namun buruh-buruh ini juga mungkin sedikit karena pekerjaan mereka sudah digantikan oleh mesin / robot dengan alasan kerjanya lebih cepat dan efisien. Dengan penggunaan mesin / robot dalam proses produksi dan industri pada pabrik, dapat memungkinkan berkurangnya atau hilangnya pekerjaan para buruh kerja.
    3. Hilangnya Keanekaragaman Hayati
      Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di atas sana, bahwa perkembagan ilmu pengetahuan yang selaras dengan perkembangan teknologi dapat menciptakan bibit tanaman baru yang lebih unggul dan juga spesies hewan ternak baru yang lebih unggul. Dengan demikian, spesies hewan atau tumbuhan yang "kurang unggul" keberadaannya dapat hilang atau punah. Pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan yg diakibatkan oleh pabrik juga dapat menyebabkan kepunahan pada spesies tumbuhan atau hewan tertentu.
      Dengan hilangnya satu per satu tumbuhan atau hewan tertentu di bumi, dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati yang begitu indah di bumi ini.

Kesimpulan dan Penutup

Semua hal yang ada didunia ini pasti memiliki sisi positif dan juga sisi negatifnya, termasuk juga perkembangan teknologi ini. Dampak positifnya mungkin lebih banyak dari yang negatif, namun yang banyak positifnya itu belum tentu baik. Semua tergantung sang pemakai mau menggunakan perkembangan teknologi ini ke arah mana.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang seikhlas-iklasnya. Terimakasih sudah mau membaca artikel ini sampai di akhirnya, terimakasih juga sudah membaca artikel-artikel yang ada di blog ini. Sekian dari saya dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wssalamu'alaikum...

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

12 komentar

Post bagus sob....

Dapet dari mana??? :v

Dapet dari mana??? Pertanyaan bagus kawan... Saya post ini atas hasil dari pemikiran saya sendiri kawan.. yang hasil nyadur pun sudah saya kasih sumbernya... :D

Terimakasih udah mampir... :)

berhubungan dengan teknologi, yang ingin za tanyakan bagaimana solusi, masyarakat yang sudah terkena dampak buruk dari perkembangan teknoologi ??

Pertanyaan bagus kawan... mungkin akan saya jawab lain waktu dalam sebuah artikel.. mohon ditunggu.. =D

Sama-sama, terimakasih juga sudah berkunjung... :D

Ngeri saya bacanya gan.
ditunggu komen back http://bram4k.blogspot.com/p/allowfullscreen-frameborder0-height385.html

Weeeh... kok ngeri? emang ada setannya apa? :ngakak:

internet banyak sekali dampaknya....

Iya sobh... Sebenernya gk cma internet yg brdampak besar, teknologi yg lain pun dampaknya juga lumayan besar...

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal