Wednesday, June 3, 2015

Akhirnya Saya Masuk dalam Penjara Google Sandbox

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sedih rasanya bila kita terkurung dalam sebuah penjara seperti halnya sebuah blog yang artikel-artikelnya tidak muncul / terindeks di mesin pencari. Ya, inilah yang saya alami saat ini. Blog Clever Society ini ternyata telah masuk dalam penjara Google Sandbox. Saya baru menyadari ini beberapa hari yang lalu saat saya melihat seseorang yang menunjukkan hasil test Google Sandbox di blognya. Alangkah terkejutnya saat saya mencobanya pada blog ini, ternyata blog ini pun masuk dalam Google Sandbox. :'( Berikut hasil test yang baru saja saya lakukan.
Sandbox
Ooh.. Crap! My lovely blog sandboxed by google!

Apa itu Google Sandbox?

Sandbox
Sedikit pengetahuan saja, Google sandbox adalah suatu algorithma Google yang bertujuan menyingkirkan / menurunkan peringkat artikel baru atau domain baru yang menempati ranking tinggi secara drastis dalam pencarian dari suatu blog dan dianggap sebagai indikasi melakukan SPAM oleh Google. Google sandbox juga merupakan suatu tindakan penalty Google terhadap suatu laman blog atau website yang di buang dari rangking pengindexan atau bisa di artikan sebagai penjara Google yang menyedot seperti pasir hidup, yang mengakibatkan blog tersebut tidak ditemukan di halaman berapakah beradanya blog yang terkena sandbox dari Google tersebut, dan ini jelas sangat berdampak negatif terhadap blog itu sendiri.

Sudah jelas bukan? Sayangnya saya tidak tau artikel mana saja yang masuk dalam penjara Google ini dan sudah berapa lama blog saya terkurung dalam Google Sandbox ini. Saya juga tidak tau alasan kenapa blog kesayangan saya yang satu ini masuk dalam daftar blog yang dianggap Spam oleh Google.
Sebenarnya saya sudah merasakan keanehan pada blog saya sejak lama. Dimulai dari tidak tersubmit dan terindeksnya artikel-artikel baru saya secara automatic di Google Webmaster. Saat itu saya mengira ini hanya efek kecil karena saya jarang memperbarui artikel / jarang posting di blog ini, jadi saya menganggap biasa saja dan hanya berulang-ulang me-resubmit sitemaps dan men-submit url artikel terbaru saya secara manual di Google Webmaster tersebut. Hingga saya memutuskan untuk berhenti sejenak membuat artikel karena alasan kesibukan. Setelah terbengkelai selama ± 5 bulan, saya kembali membuat artikel. Dan ternyata keanehan 5 bulan yang lalu masih ada hingga sekarang, bahkan setelah sitemap di-resubmit pun artikel blog ini susah terindeks (lama terindeks). Sedih bro... :'( Berikut adalah screenshot Sitemap Google Webmaster saya yang sudah di-resubmit sekitar 2 hari yang lalu.
Sitemap CS
4 Halaman belum terindeks selama ± 4 hari.

Sampai saat ini saya hanya bisa berdo'a dan berharap semoga saya cepat dilepaskan dari Penjara Google Sandbox yang mengerikan ini. Saya hanya bisa membuat artikel tentang Google Sandbox ini yang kata para blogger yang lain dapat membantu untuk segera dilepaskan dari jeratan pasir hisap Google Sanbox.
Saya juga berpesan kepada para blogger lain yang sedang giat-giatnya blogging, yang sedang rajin-rajinnya optimasi SEO baik on page maupun off page, yang sedang aktif cari backlink dan blogwalking, ataupun yang hanya sekedar mengisi waktu luang dan mengekspresikan diri melalui blog. Buat kalian semua, jangan pernah melakukan praktek Black Hat SEO dalam bentuk apapun, jangan pernah melakukan optimasi SEO yang berlebihan, jangan pernah mencari backlink dengan cara yang HARAM dan jangan pernah posting artikel dengan cara CURANG (Copy Paste tanpa Sumber). Black Hat SEO dan segala cara yang HARAM dan CURANG itu tidak baik, segala yang berlebihan itu juga tidak baik.
Bila anda menyayangi blog anda dan tidak ingin bernasib seperti saya, maka lakukanlah yang sewajarnya dan nikmati perkembangan blog anda yang dari 0 berlahan menjadi blog besar dengan pengunjung ribuan bahkan lebih. Karena itu akan jauh lebih memuaskan jika anda tau rasanya jadi besar setelah melalui proses yang panjang dari sesuatu yang kecil.
Mungkin sekian dulu ocehan curahan hati saya, saya mohon do'anya agar blog tercinta saya ini segera mendapat kebebasan kembali oleh Google Sandbox. Terimakasih masih setia membaca artikel dari blog ini dan, Salam Blogger Indonesia!. :)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Blogger, Designer, Future Programmer.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon