Tuesday, June 20, 2017

Perlukah Membuat Website?

Yo! Hallo CS reader! Kali ini saya akan berbagi sedikit opini saya tentang kenapa kita perlu untuk membuat sebuah blog atau website di jaman digital sekarang ini. Mengingat ini hanya opini saja, jadi saya tidak memaksa anda untuk setuju dengan saya. Pun saya tidak menyarankan untuk mengambil opini saya untuk dijadikan makalah ataupun karya tulis yang lain, karena saya pun menulis ini tanpa melakukan riset terlebih dahulu.

Blog atau Website?

Oke cukup basa basinya, mari kita ke pokok permasalahan. Apa sih itu Blog dan apa itu Website? Sebenarnya kedua hal ini mirip dan bahkan banyak yang mengatakan kedua hal ini sama. Sebenarnya ada kesamaan dan perbedaan dari kedua hal ini. Persamaannya adalah baik blog maupun website adalah bagian dari World Wide Web (WWW) yang dapat diakses melalui internet oleh semua orang. Selain itu, blog dan website terdiri dari kumpulan halaman web yang disatukan.
Perbedaannya terletak pada tujuan pembuatannya. Sebenarnya pembuatan blog (web log) bertujuan untuk membuat ruang diskusi di internet. Diskusi dimulai dengan Admin menyampaikan opininya melalui "Post", kemudian pengunjung menanggapi opini tersebut. Gaya penulisan blog pun cenderung ke arah yang informal, sehingga menarik pembaca untuk menanggapi. Dan blog ini cenderung mengangkat topik yang bermacam-macam, meskipun sebenarnya pemilihan topik tergantung pada Admin blog tersebut, dan tak jarang topik yang dibahas pun mirip (niche).
Sedangkan untuk website, tujuan pembuatannya cenderung lebih ke informatif. Yakni memberikan informasi ke pengunjung seputar hal-hal tentang pribadi, organisasi, maupun perusahaan pengelola website tersebut. Informasi yang ada di website cenderung lebih statis, artinya sulit untuk ditanggapi (karena memang jarang website yang membuka kolom diskusi), meskipun ada beberapa website yang membuka ruang diskusi, namun biasanya ruang diskusi ini terlepas dari artikel (post) yang dipublish oleh admin website. Tujuan lain dari pembuatan website adalah sebagai media pemasaran produk berupa barang maupun jasa dari organisasi ataupun persahaan tersebut.
Perbedaan selanjutnya adalah dari cara atau proses pembuatannya. Pembuatan blog tidak harus memerlukan persiapan yang matang. Selain itu, membuat blog ini cenderung lebih murah dan mudah dibandingkan dengan membuat website. Banyak platform blog yang dapat digunakan secara gratis, salah satu yang paling populer adalah Wordpress dan Blogger. Sedangkan pembuatan website lebih memerlukan persiapan yang matang, untuk itu pembuatan website lebih sulit dibandingkan dengan blog. Selain itu, pembuatan website juga cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan membuat blog, meskipun banyak pula website yang berawal dari blog.

Perlukah Membuat Website?

Baik, sekarang masuk ke intinya. Jika ditanya perlukah membuat website? Jawaban saya adalah tidak. Kenapa? Website maupun blog diperuntukan untuk mereka yang suka menulis dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan cara menulis. Jadi, jika anda tidak suka menulis, untuk apa membuat blog? Namun ada alasan lain yang mendasari pentingnya membuat website di zaman digital ini, antara lain:
  • Sebagai salah satu cara untuk menyebarkan informasi,
    Iyap, ini adalah alasan utama sebagian besar orang untuk membuat website. Website memiliki jangkauan yang luas dan global, tidak pandang bulu, tidak mengenal batasan apapun. Selama kita terhubung dengan jaringan internet, kita dapat mengakses website manapun. Alasan ini mendasari hampir sebagian besar website yang ada di dunia. Mereka dapat menyebarkan informasi yang berguna baik khalayak umum yang mungkin juga dapat menguntungkan bagi diri mereka.
    Contohnya adalah website informatif seperti berbagai Wiki, website-website lain yang membawa jenis informasi tertentu, portal berita, bahkan sosial media. Semua website itu mengandalkan informasi yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Namun sosial media disini berperan sebagai penyebarannya saja, meskipun juga dapat sebagai sumber dari informasi itu sendiri.
  • Sebagai salah satu cara mengenalkan diri,
    Contoh paling gampang dari website ini adalah sosial media. Sosial media digunakan sebagai sarana komunikasi dan salah satu cara mengenalkan diri sendiri kepada orang lain. Selain itu, website personal juga biasa digunakan untuk personal branding sebagian orang, terutama yang mempunyai keahlian di bidang Informatika dan Web.
    Personal branding ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan diri sendiri kepada orang lain yang memungkinkan orang tersebut mendapatkan pekerjaan. Karena jangkauan dari website yang global, memungkinkan lebih banyak peluang penawaran pekerjaan.
  • Sebagai salah satu media penjualan,
    Yang terakhir adalah untuk penjualan/marketing. Bukan hal baru lagi jika memanfaatkan website untuk menawarkan produk baik barang atau jasa yang kita punya. Banyak website yang berfokus pada kegiatan jual beli dan transaksi lain dengan bantuan website.
    Lagi-lagi, alasan jangkauan melandasi tujuan ini. Dengan jangkauan website yang luas, mampu meningkatkan jumlah konsumen dari produk tersebut, sehingga omset penjualan pun diharapkan akan naik.

Kesimpulannya adalah penting tidak pentingnya seseorang atau kelompok dalam membuat website adalah tergantung dari tujuan dan kebutuhan mereka. Bagi perorangan, membuat website mungkin belum terlalu penting, karena membutuhkan banyak waktu dan biaya dalam pembuatannya. Selain itu perlu niat dan motivasi lebih dalam pengembangannya. Namun untuk kelompok maupun perusahaan mungkin perlu untuk membuat website yang mampu mengenalkan diri mereka dan mengenalkan produk mereka guna mendapatkan income untuk mereka.
Nah terakhir, bagi kalian yang berminat untuk membuat website atau tertarik dengan ilmu untuk membuat website. Saya sarankan untuk mengikuti kursus di Dumet School. Selain proses belajarnya yang menyenangkan, kurikulum di sana pun lebih aplikatif dan sesuai dengan kondisi sekarang. Terlebih jika anda sudah menyelesaikan kurusus anda, anda akan mendapatkan bukti berupa sertifikat yang dapat anda gunakan untuk mencari pekerjaan.

Yo! Mungkin ini dulu yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya tekankan bahwa informasi di atas hanya pendapat saya pribadi, saya pun membuka kolom untuk anda semua yang ingin berdiskusi dengan saya. Terimakasih sudah mau membaca sampai di baris ini, mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan. Salam blogger Indonesia!

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

This Is The Newest Post

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal