Saturday, May 30, 2015

Perbedaan Earphone, Headphone, Headset, Handset, dan Handsfree

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Kemajuan teknologi mendorong manusia untuk menciptakan suatu hal baru yang belum pernah ada sebelumnya ataupun pengembangan teknologi yang dulunya sudah pernah ada. Pengembangan ini bisa bermacam-macam, bisa dengan mengganti material, mereduksi bahan / komponen, menambah fitur baru, maupun menggabungkan 2 teknologi yang bersesuaian kedalam satu buah alat.
Terus apa hubungannya ocehan diatas dengan artikel kali ini? Begini, dari pengembangan teknologi tersebut muncul alat baru dengan nama baru yang membedakan alat tersebut dengan alat sebelumnya walaupun alat sebelumnya masih tetap diproduksi. Nah nama-nama tersebutlah yang menjadi pokok bahasan dalam artikel kali ini. Yap, sering kali kita mendengar ataupun membaca nama dalam judul artikel diatas, Earphone, Headphone, Headset, Handset, maupun Handsfree. Kita sering salah dalam menyebutkan nama dari alat yang kita maksud dan lebih parah jika kita tidak mengetahui bahwa kita salah. Nahlo, padahal beda nama beda arti masbro.
Nah dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan sedetail mungkin tentang 5 nama perangkat yang sering diartikan salah oleh orang awan (mungkin anda salah satunya). Kita mulai saja,.
  1. Earphone (Penyuara kuping)
    Earphone
    Adalah perangkat tambahan yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Perangkat ini digunakan untuk meneruskan suara dari perangkat elektronik hiburan seperti HP, MP3 / MP4 Player, CD / DVD player, Home Theater, Video Games, Computer, Laptop dll. Earphone juga digunakan untuk di stasiun-stasiun TV sebagai alat pengantar pesan dari direktur acara/ atasan ke presenter/ kru TV lainnya/ bawahan. Sehingga komunikasi tercapai tanpa didengar pihak-pihak lain.
    Cara penggunaannya cukup mudah dengan menyumbatkan / menyumpalkan kepala earphone kealam lubang telinga.
  2. Headphone (Penyuara Kepala)
    Headphone
    Headphone mempunyai arti yaitu sepasang (dua buah) earphone yang mumpunyai bando yang dikenakan dikepala. Berfungsi sama dengan earphone, perbedaannya terletak pada bentuk dan cara penggunaan. Earphone berbentuk kecil dan tidak ada penghubung lain atara sepasang earphone kecuali kabel. Berbeda dengan earphone, headphone berbentuk lebih besar dan ada penghubung seperti bando yang menghubungan antara sepasang earphone kecuali kabelnya (ada beberapa earphone yang bando penghubungnya disertai kabel penghubung).
    Jika penggunaan earphone disumpalkan ke lubang telinga, penggunaan headphone tidak demikian, penggunaan headphone sama seperti saat anda menggunakan bando, hanya ujung dari headphone menutupi seluruh bagian telinga.
  3. Headset (Perlengkapan Kepala)
    Headset
    Headset adalah perangkat gabungan dari earphone atau headphone dan microphone. Secara teknis, alat ini selain bisa digunakan untuk mendengarkan suara layaknya earphone atau headphone juga bisa untuk mengirimkan suara kita seperti saat kita menggunakan microphone baik saat bernyanyi, maupun bertelepon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.
    Ada dua macam bentuk dari headset, bentuk pertama menyerupai earphone dengan microphone di tengah kabel, dan bentuk kedua menyerupai headphone dengan microphone terhubung dari salah satu earphone. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.
  4. Handset
    Pada telephone model lama, hand set adalah perangkat yang digenggam tangan dan didekatkan ke telinga saat mendengarkan suara telephone. Sejak tahun 1920-an, handset biasanya juga mengandung telepon transmitter (mikrofon) yang diposisikan dekat dengan mulut. Nah pada zaman modern saat ini, Handset diartikan sebagai perangkat elektronik digital (portabe) yang mudah dibawa yang penggunaannya masih digenggam. Berarti definisi Handset adalah perangkat elektronik yang masih digenggam (masih menggunakan tangan).
    Old-Handset New-Handset
  5. Handsfree
    Handsfree
    Handsfree adalah suatu peralatan menggambarkan sifat yang dapat digunakan tanpa menggunakan tangan (misalnya melalui perintah suara) atau, dalam arti yang lebih luas peralatan yang dapat difungsikan dengan sedikit bantuan tangan ataupun tanpa menggunakan tangan sekalipun, sehingga tangan bisa menyibukkan diri dengan tugas lain.
    Atau dalam pengertian lain yaitu perangkat yang terdiri dari earphone dan microphone dimana terdapat fungsi kontrol didalamnya sehingga penggunaan meminimalisir penggunaan tangan dalam pengoprasiannya. Misalnya untuk menjawab panggilan telepon, memulai memutar musik atau yang lainnya terdapat kontrol tertentu yang diaktifkan dengan suara atau sedikit sentuhan tangan sehingga pengguna tidak langsung menyentuh ponsel. Handsfree dapat berupa koneksi nirkabel (bluetooth) atau menggunakan kabel.
Nah, bagaimana? semoga dengan sedikit banyak ulasan diatas dapat menambah pengetahuan kita dalam membedakan alat-alat / perangkat-perangkat sesuai dengan bentuk, fungsi dan namanya. Sekian artikel kali ini, terimakasih telah membaca sampai akhir, dan

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Sumber :
  • Arikel : http://sentrablog.blogspot.com/2011/12/earphone-headset-handsfree-handset-atau.html dan Wikipedia.
  • Gambar : Searching Google

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

4 komentar

Sip jadi nambah ilmu pengetahuan lagi nih, salam dari helmypra.blogspot.com

http://androidxfree.blogspot.com/2015/05/martabak-paling-enak-di-jakarta_94.html

Iya sobh... salam kenal juga... :)

This comment has been removed by the author.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal