Friday, November 7, 2014

Review Mobil Proton Indonesia Terbaik

Assalamu'alaikum...

Preve
Salam sejahtera untuk kita semua... Berbicara soal mobil, kita tentu mencari yang desainnya bagus baik itu eksterior maupun interior. Lalu, larinya kencang., enak atau nyaman dipakai dan dikemudikan oleh siapa saja, irit bahan bakar dan harganya tidak terlampau mahal. Namun itu saja tidak cukup, kita juga harus memperhatikan faktor keselamatan kita saat berkendara menggunakan mobil tersebut. Keselamatan lebih penting dari itu semua tetapi tidak jarang produsen mobil mengabaikan faktor keselamatan tersebut. Apa gunanya mobil bagus namun membuat kita celaka? :W
Namun, sekarang ini sudah banyak produsen mobil yang mulai memperhatikan faktor keselamatan pada mobil yang diproduksinya, salah satunya adalah Proton. Produsen mobil yang satu ini selain memperhatikan faktor keselamatan juga mempunyai keunggulan lain, seperti desain eksterior dan interior mobil yang elegan, spesifikasi mobil yang bagus, harganya pun relatif terjangkau (tidak mahal-mahal banget). =D

Sekilas Tentang Proton

Proton merupakan produsen mobil asal Malaysia yang berdiri pada tahun 1983 atas inisiatif Mahathir Mohammad yang pada saat itu merupakan Perdana Menteri Malaysia. Awalnya, Proton bekerja sama dengan Perusahaan mobil asal Jepang yaitu Mitsubishi dalam hal teknologi pada mobilnya. Namun, sekarang Proton sudah mampu mengembangkan teknologi mereka sendiri yang saat ini dipakai dalam Teknologi Mobil Proton.
Pabrik utamanya berada di Shah Alam. Model mobil yang paling populer adalah Proton Exora. Di Indonesia sendiri, Mobil Proton dikelola dan didistribusikan oleh PT. Proton Edar Indonesia (PEI) yang didirikan tahun 2002 lalu dan beroperasi di Indonesia pada Agustus 2007.

Model-Model Mobil Proton

Saat ini ada 7 model mobil pabrikan Proton ini, 7 model mobil tersebut diantaranya adalah GEN 2, EXORA STAR FL, NEO R3, SUPRIMA S, PREVE, EXORA BOLD & PRIME, SAGA FLX, PERSONA. Semua model memiliki keunggulannya masing-masing dan pastinya super keren. :D
7 Model Mobil Proton
Dari 7 model mobil Proton tersebut, mobil jenis Proton EXORA lah yang paling banyak dibahas, namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas salah satu model mobil pun, saya akan membahas keseluruhan model mobil Proton secara umum. :)

Keunggulan-Keunggulan Mobil Proton

Kali ini, saya akan menjelaskan keunggulan-keunggulan dari mobil-mobil pabrikan Proton. Simak review saya dibawah ini! :W
  • System Keamanan

    • Brake System
      1. ABS (Antilock Braking System)
        ABS
        ABS membantu menstabilkan mobil pada jalan licin.
        sistem yg mencegah roda terkunci pada pengereman mendadak. Roda yg terkunci pada pengereman akan membuat kendaraan tidak terkendali & bisa mengakibatkan kecelakaan. Jika sensor ABS mendeteksi salah satu/semua roda terkunci, dia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan sejenak jepitan kampas rem, kemudian menjepit lagi setelah roda berputar. Proses ini bisa berlangsung sangat cepat, sampai 15x tiap detiknya, sehingga pedal rem terasa sedikit bergetar. Manfaat nyata ABS adalah memperpendek jarak pengereman.
      2. EBD (Electronic Brakeforce Distribution)
        EBD
        EBD menyeimbangkan kendaraan untuk pengereman yang lebih stabil.
        Suatu sistem, yg bisa mengatur tekanan minyak rem yg berbeda2 ke setiap roda berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lain. Bekerjasama dgn ABS, EBD akan membagi dan mengatur tekanan rem yg tepat ke setiap roda agar roda yg slip bisa kembali mendapatkan daya cengkeram dan roda yg menapak jalan bisa melakukan pengereman sehingga kendaraan bisa terkontrol.
      3. BA (Brake Assist)
        Adalah suatu sistem yg akan menambah tekanan pengereman saat kondisi darurat/genting. BA akan mendeteksi kondisi yg memerlukan pengereman mendadak dengan mengukur kecepatan pedal rem ditekan. Pada kondisi yg memerlukan pengereman darurat, BA akan mengembangkan tekanan pengereman maksimum untuk mengatasi kecenderungan kurang kuatnya pengendara menekan pedal remnya, agar kendaraan bisa berhenti. Pada prakteknya BA akan mengurangi jarak pengereman sekitar 20%.
      Ketiga sistem tsb akan saling bekerjasama untuk menjaga agar kendaraan tetap dibawah kendali pengendara dan bisa berhenti dgn aman dalam jarak yg pendek pada kondisi pengereman yg ekstrim.
    • SRS Airbags
      SRS Airbags
      SRS Airbags melindungi pengemudi dan penumpang depan.
      Airbag / Supplemental Restraint System (SRS) adalah fitur keamanan yang dipasang dimobil, yang berfungsi untuk melindungi kita jika terjadi kecelakaan frontal. Penggunaan Aibag dapat membantu melindungi daerah kepala, leher, dan dada. Fungsi utama airbags adalah untuk Meredam energi kinetik penumpang, Melindungi penumpang dari penturan interior trim, Melindungi penumpang dari pecahan kaca mobil dan Mengurangi tertekuknya leher, efek dari terbenturnya kepala ke stir mobil.
    • ESC (Electronic Stability Control)
      ESC
      ESC yang dilengkapi dengan BA
      Kontrol Stabilitas Elektronik (Electronic Stability Control atau disebut ESC) adalah sebuah teknologi terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip. Ketika kontrol ini mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian, maka dengan otomatis sistem ini akan membantu rem untuk mengendalikan mobil. Sistem pengereman langsung berjalan ke masing-masing roda, rem roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. Kadang, sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali. Menurut IIHS dan NHTSA (badan regulasi keselamatan otomotif AS), sepertiga dari total kecelakaan fatal dapat dicegah oleh teknologi ini.
    • Seatbelt Pre-Tensioner
      Seatbelt Pre-Tensioner
      Sabuk pengaman Pre-Tensioner untuk mengurangi pergerakan tubuh bagian atas demi neghindari cidera yang serius.
      Teknologi-teknologi seatbelt antara lain adalah inertia reels dan yang terbaru adalah Pre-tensioner. Untuk inertia reels adalah teknologi yang membuat seat belt bisa melar ketika ditarik pelan-pelan, dan akan mengencang ketika ditarik dengan tiba-tiba. Dengan analogi ketika ditarik tiba-tiba dikarenakan adanya tabrakan maka seatbelt akan mengunci. Kemudian untuk Pre-tensioner yaitu teknologi dimana seatbelt akan menarik diri ketika ada kecelakaan. Jadi seat belt akan menarik tubuh penumpang ke belakang sehingga adanya kemungkinan tubuh penumpang terpental kedepan karena sabuk kendur dapat diminimalisasi.
    • Proton Ride and Handling (R & H)
      Proton R&H
      Proton Ride & Handling memberikan pengendalian yang baik untuk Anda dimanapun dan kondisi jalan apapun.
      Ride dan Handling adalah 2 hal yang saling berlainan dimana Ride adalah kondisi dimana pengendara marasakan kenyamanan berkendara pada kondisi jalan apapun, misalnya saat mobil melewati jalan berbatu dan berlubang, pengendara di dalam mobil tidak merasakan getaran dari kondisi jalan tersebut, sehingga pengendara kurang yakin dengan kondisi jalan yang ia lalui. Sedangkan Handling adalah kondisi dimana pengendara merasakan kenyamanan dan kemantapan mengendarai mobil pada keadaan jalan apapun, misalnya saat pengendara akan melewati tikungan tajam, pengendara yakin berada diposisi mana ia berada dan harus ke posisi mana ia menuju, namun saat Handling ini pengendara akan merasakan getaran walaupun saat didalam mobil.
      Kondisi Ride sangat disukai para wanita, sedangkan kondisi Handling sangat disukai para pria khususnya pecinta otomotif. Biasanya 2 kondisi ini sulit sekali digabungkan, tetapi dengan penerapan "Lotus R & H", Proton berhasil menggabungkan 2 kondisi yang berlainan ini. Alhasil kita tidak akan merasakan getaran didalam mobil, walaupun kita sedang melakukan Handling. Dan kita tetap akan yakin di posisi jalan mana kita berada dan ke posisi mana yang kita tuju. Hebat bukan?! :D
  • Desain

    Disamping memperhatikan faktor keselamatan, Proton juga memperhatikan tampilan dari mobil-mobil buatannya. Desain-desain tampilan tersebut terlihat sangat elegan namun simple baik Eksterior maupun Interiornya. Berikut tampilan Eksterior dan Interior salah satu model Mobil Proton yaitu Preve sebagai salah satu contoh.
    • Eksterior
    • Interior
  • Keunggulan-Keunggulan Lainnya

    Built-in GPS
    Tak hanya unggul dalam hal keamanan dan desain, mobil-mobil pabrikan Proton juga memiliki mesin yang terbilang "Kencang" larinya. Dengan akselerasi yang bertenaga dan top speed yang tinggi serta kemudahan dan kenyamanan Handling, mobil ini sangat cocok di segala kondisi jalan. Untuk transmisi, Proton dapat menggunakan Transmisi AMT, Manual dan juga Matic, tinggal pilih sesuai yang Anda inginkan. Untuk Anda yang suka dengan musik dan sering merasa bosan jika tidak mendengarkan musik, Proton juga memiliki Audio System yang mendukung CD, MP3 Player dengan Bluetooth, Koneksi USB dan iPod dan juga FM Radio.
    Audio System
    Untuk Anda yang kurang pengetahuan tentang letak-letak jalan dan sering tersesat, jangan khawatir, Mobil Proton ini difasilitasi dengan Built-in GPS yang dapat membantu Anda dalam berkendara. Mobil pabrikan Proton juga dilengkapi dengan Parking Sensor berupa kamera kecil yang terpasang pada bagian belakang mobil. Parking Sensor ini sangat membantu Anda dalam memarkinkan mobil kesayangan Anda dengan aman tanpa bantuan "Tukang Parkir". :D Dan seperti mobil-mobil modern saat ini, mobil pabrikan Proton juga memiliki AC yang super dingin. =D
    Untuk masalah perawatan, mobil-mobil pabrikan Proton terbilang mudah dan "Bandel". Mereka dapat menempuh perjalanan jauh tanpa adanya masalah yang begitu berarti dan jarang masuk bengkel. Paling-paling masuk bengkel untuk mengganti Ban dan mengganti Oli Mesin. Masalah konsumsi BBM tidak usah khawatir, mobil-mobil ini tidak rakus makan BBM bahkan terbilang irit dan cocok untuk pemakaian rutin di dalam kota. :D
Dari ulasan-ulasan keunggulannya, mobil-mobil pabrikan Proton ini super dan luar biasa. Dengan fitur yang super lengkap itu, ternyata mobil-mobil ini tidak lantas dibandrol dengan harga yang tinggi, melainkan harga yang standar dan terbilang terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Dengan fitur lengkap, system keamanan yang super bagus dan harga yang relatif murah itulah alasan Mengapa Saya Memilih Proton Sebagai Mobilku. Mungkin Anda juga sependapat dengan saya. ^_^
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan dalam artikel mengenai Review Mobil Proton Indonesia Terbaik. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Sekian dari saya, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Terimakasih dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wassalamu'alaikum...

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal