Wednesday, October 8, 2014

UPN "Veteran" Resmi Menjadi PTN

[Image : UPN "Veteran"]
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" atau sering disingkat UPN "Veteran" ini sebenarnya adalah perguruan tinggi yang sudah lama berdiri di Indonesia. UPN "Veteran" ini terdapat di 3 wilayah di Indonesia yaitu di Jakarta (UPN "Veteran" Jakarta), Yogyakarta (UPN "Veteran" Yogyakarta) dan di Jawa Timur / Surabaya (UPN "Veteran" Jatim).

Sekilas Tentang UPN "Veteran"

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" semula adalah suatu lembaga pendidikan tinggi yang didirikan atas prakarsa para pejuang kemerdekaan R.I dengan nama Akademi Pembangunan Nasional (APN) "Veteran" yang didirikan dikota Yogyakarta, berdasarkan Surat Keputusan Mentri Urusan Veteran nomor :139/Kpts/1965, tanggal 2 Oktober 1958.
Dalam rangka peningkatan APN "Veteran"' berdasarkan Surat Keputusan Menteri Urusan Veteran dan Demobilisasi nomor : 140/Kpts/1965, tanggal 30 Juli 1965, APN "Veteran" berubah namanya menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) "Veteran". Selanjutnya, melalui Surat Keputusan Menhankam/Pangab nomor : Skep/1555/XI/1977 tanggal 5 November 1977, PTPN "Veteran" berubah namanya menjadi Unversitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran". :W
Awalnya PTPN "Veteran" tersebar di empat kota besar yaitu Yogyakarta sebagai pusatnya, sedangkan Surakarta, Surabaya (Berdiri tahun 1959) dan Jakarta (Berdiri tahun 1967) merupakan cabang-cabangnya. Namun dalam perkembangan selanjutnya PTPN "Veteran" Surakarta yang hanya terdiri dari 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Geografi dan Fakultas Kedokteran, berdasarkan Surat Keputusan Menhankam/Pangab nomor : Skep/B/503/V/1973 tanggal 22 Meni 1973, Fakultas Geografi dihapuskan, sehingga PTPN "Veteran" cabang Surakarta tinggal 1 (satu) fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, inipun akhirnya pada tahun 1975 bergabung dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Sehingga PTPN atau UPN "Veteran" hanya tersebar di tiga kota besar yaitu Yogyakarta sebagai pusatnya, sedangkan Surabaya dan Jakarta merupakan cabang-cabangnya.
Berdasarkan Surat Keputusan bersama (SKB) anatara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pertahanan Keamanan nomor : 0307/0/1994, Kep/10/XI/1994 tanggal 29 November 1994, UPN "Veteran" terhitung mulai tanggal 1 April 1995, mengalami perubahan dari status Kedinasan menjadi Perguruan Tinggi Swasta. Dengan perubahan tersebut UPN "Veteran" yang semula pembinaannya bernaung di bawah Departemen Hankam, beralih tanggung jawab pembinaannya ke Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman (YKPBS) sesuai dengan Surat Keputusan Menhankam nomor : Kep/03/II/1993 tanggal 27 Februari 1993.

UPN "Veteran" Resmi Menjadi PTN

UPN "Veteran" yang semula berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kini sudah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Ketiga UPN "Veteran" resmi menjadi PTN bersama dengan 9 perguruan tinggi lain di Indonesia. Peresmian ini dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dalam rangkaian HUT ke-69 TNI yang diselenggarakan di Gedung Nala, Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Amartim), Surabaya, Senin (6/10). Dalam peresmian tersebut, Presiden SBY meresmikan 12 PTN baru diantaranya :
  1. Universitas Timor
  2. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  3. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  4. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  5. Institut Teknologi Sumatera
  6. Institut Teknologi Kalimantan
  7. Institut Seni dan Budaya Indonesia Tanah Papua
  8. Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh
  9. Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung
  10. Universitas Singaperbangsa
  11. Politeknik Negeri Cilacap
  12. Poltieknik Negeri Indramayu
Dalam penandatanganan peresmian itu, Presiden SBY didampingi Mendikbud M Nuh, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Menko Polhukam Djoko Suyanto dan beberapa menteri lainnya.
Peresmian 12 perguruan tinggi negeri ini adalah bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan (MP3EI) untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan sendiri.

Selamat kepada 12 PTN yang baru diresmikan, semoga dengan bertambahnya 12 PTN ini dapat meningkatkan taraf pendidikan dan perekonomian bangsa Indonesia serta dapat mewujudkan cita-cita bangsa untuk "Mencerdaskan kehidupan Bangsa", Amiiin... ^_^
Sekian postingan kali ini, bila ada kesalahan baik data, penulisan ataupun yang lainnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih telah setia membaca blog saya dan Salam Blogger Indonesia!. :)

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal