Thursday, September 4, 2014

Kupas Tuntas Mengenai Air Liur Manusia

[Image : Air Liur Manusia]
Air liur atau air ludah dalam bahasa ilmiah dikenal dengan Saliva adalah cairan sekresi, lekat dan tidak berwarna (bening) yang dihasilkan oleh kelenjar air liur yang bermuara di rongga mulut, bersifat agak alkalis serta mengandung air, lendir, protein, garam, dan enzim perombak pati.
Saliva dapat disebut juga kelenjar ludah atau kelenjar air liur. Semua kelenjar ludah mempunyai fungsi untuk membantu mencerna makanan dengan mengeluarkan suatu sekret yang disebut “salivia” (ludah atau air liur). Ada 3 (tiga) kelenjar di dalam mulut yang menghasilkan air liur / air ludah yaitu :
  1. Kelenjar Parotis (Parotid)
    Kelenjar
    parotis adalah sepasang kelenjar-liur yang terbesar. Ia dikelilingi oleh ramus mandibula dan menyekresikan air liur melalui Duktus Stensen menuju kavum oral untuk membantu mengunyah dan menelan. Kelenjar ini menghasilkan 25% dari total air liur yang diproduksi oleh manusia.
  2. Kelenjar Submandibula (Submandibular)
    Kelenjar Submandibula adalah sepasang kelenjar yang terletak di rahang bawah, di atas otot digatrik. Produksi sekresinya adalah campuran serous dan mukous dan masuk ke mulut melalui duktus Wharton. Walaupun lebih kecil daripada kelenjar parotis, sekitar 70% saliva di kavum oral diproduksi oleh kelenjar ini.
  3. Kelenjar Sublingua (Sublingua)
    Kelenjar Sublingua adalah sepasang kelenjar yang terletak di bawah lidah di dekat kelenjar submandibula. Sekitar 5% air liur yang masuk ke kavum oral keluar dari kelenjar ini.

Berapa Banyak Jumlah Air Liur Manusia?

Manusia mengeluarkan sekitar 700 ml air liur setiap harinya.  Jumlah tersebut adalah jumlah rata-rata pengeluaran air liur manusia, tidak menutup kemungkinan jumlah air liur Anda melebihi atau kurang dari 700 ml tetapi dalam rentang yang tidak cukup jauh dari 700 ml. Tetapi tentu saja jumlah ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :
  1. Gen;
  2. Waktu (produksi air liur melambat secara drastis di malam hari);
  3. Banyak air yang diminum;
  4. Sedang mengunyah permen karet atau menghisap permen keras (keduanya meningkatkan produksi air liur);
  5. Mencium sesuatu yang menarik (juga meningkatkan produksi air liur, itu sebabnya ada istilah ‘lezat’);
  6. Lebih dari 400 obat menyebabkan penurunan produksi air liur;
  7. Umur produksi (air liur menurun seiring dengan usia);
  8. Memiliki kondisi atau penyakit yang mempengaruhi produksi air liur, seperti Sindrom Sjorgen, atau sedang menjalani terapi radiasi.

Zat Apa Saja Yang Terkandung Dalam Air Liur?

Sebagian besar air liur adalah air, tetapi juga mengandung elektrolit (Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium), bakteri, virus, jamur, sekresi dari hidung dan paru-paru, sel-sel dari lapisan mulut dan sekitar 500 protein. Pada air liur atau ludah ini juga terkandung Mukosa yang mengandung Mukopolisakarida dan Glikoprotein, senyawa antibakteri dan beberapa macam enzim.
Tentu saja, isi dari air liur juga tergantung pada apa yang dimasukkan ke dalam mulut, seperti puing-puing makanan. Komponen pasta gigi juga umum ditemukan dalam air liur. Kandungan air liur setiap orang pun berbeda.
Kandungan rinci air liur adalah sebagai berikut:
  • Elektrolit: (2-21 mmol/L natrium, 10-36 mmol/L kalium, 1,2-2,8 mmol/L kalsium, 0,08-0,5 mmol/L magnesium, 5-40 mmol/L klorida, 2-13 mmol/L bikarbonat, 1,4-39 mmol/L fosfat);
  • Mukosa, yang terutama mengandung mukopolisakarida dan glikoprotein;
  • Senyawa antibakteri (tiosianat, hidrogen peroksida, dan immunoglobulin A);
  • Beberapa macam enzim, di antaranya:
    1. Alfa-Amilase (EC3.2.1.1), Amilase dan lipase berturut-turut memulai pencernaan pati dan lemak sebelum makanan ditelan. Enzim-enzim tersebut bekerja optimal pada pH 7,4;
    2. Lisozim (EC3.2.1.17), Lisozim berperan dalam lisis bakteri;
    3. Lingual lipase (EC3.1.1.3), Lingual lipase memiliki pH optimum ~4,0, sehingga tak akan aktif jika belum memasuki lingkungan asam. Lisozim berperan dalam lisis bakteri.
  • Air liur manusia juga mengandung zat-zat lain. Adanya zat-zat ini terkadang mengakibatkan air liur berbau tidak sedap. Zat-zat lain tersebut antara lain :
    • Fosfatase asam ludah A+B (EC3.1.3.2),
    • N-asetilmuramil-L-alanin amidase (EC3.5.1.28),
    • NAD(P)H dehidrogenase-quinone (EC1.6.99.2),
    • Laktoperoksidase ludah (EC1.11.1.7),
    • Superoksida dismutase (EC1.15.1.1),
    • Glutation transferase (EC2.5.1.18),
    • Dehidrogenase aldehid kelas 3 (EC1.2.1.3),
    • Glukosa-6-fosfat isomerase (EC5.3.1.9), dan
    • Kallikrein jaringan (EC3.4.21.35).
Air ludah yang paling baik sebenarnya, pada saat kita pas bangun tidur dan belum makan dan minum apapun, tapi gosok gigi dulu sebelum tidur agar tidak bau.

Apa Saja Yang Bisa Kita Ketahui Dari Air Liur?

Dari air liur, bisa didapatkan sampel dari DNA. Bahkan, meskipun air liur tidak mengandung sel DNA, tetapi sel-sel dari lapisan mulut dapat ditemukan di sampel air liur. Air liur dapat memberikan petunjuk apa saja yang telah dimakan dan obat-obatan yang mungkin dikonsumsi oleh seseorang.
Air liur juga merupakan petunjuk lain untuk menungkapkan identitas seseorang. Air liur dapat mengungkapkan apa yang sudah dimakan dan obat-obatan yang mungkin dikonsumsi, seperti kokain, ganja dan barbiturat. Para ilmuwan juga dapat menggunakan sampel air liur untuk menunjukkan berapa banyak obat tertentu dalam tubuh. Jadi tidak hanya air seni yang digunakan untuk tes narkotika ataupun napza, air liur pun bisa dijadikan sampel untuk tes narkotika atau napza tersebut, dengan catatan obat-obatan tersebut masuk melewati mulut.
Para ilmuwan juga ingin dapat menggunakan air liur sebagai alat untuk mendeteksi penyakit, karena jauh lebih mudah, dan dalam banyak kasus lebih aman. Tes HIV merupakan salah satu tes yang mana air liur digunakan sebagai sampel, meskipun tes darah masih merupakan cara standar untuk tes HIV.

Apa Saja Manfaat Dan Khasiat Dari Air Liur?

Dari banyaknya kandungan yang ada di dalam air liur, pastilah banyak sekali manfaat dari air liur itu sendiri. :) Beberapa manfaat mungkin sudah banyak yang mengetahui namun apakah Anda mengetahui bahwa air liur dapat menyembuhkan luka? Simak uraian manfaat dan khasiat dari air liur di bawah ini :
  1. Memecah makanan dalam mulut, sehingga dapat dirasakan oleh lidah dan lebih mudah dicerna oleh perut.
  2. Membersihkan makanan dan sel-sel mati dari lapisan mulut.
  3. Mengikat makanan menjadi bola sehingga dapat ditelan.
  4. Membersihkan makanan dan bakteri dari gigi.
  5. Mencegah lapisan mulut kering.
  6. Menghancurkan atau mencegah pertumbuhan jamur tertentu.
  7. Menetralisir asam dari makanan dan minuman.
  8. Air liur mengandung polin, yaitu suatu protein yang berfungsi melindungi enamel gigi, karena kalsium dan kadar fosfor.
  9. Air liur juga mengandung mineral yang membantu proses remineralisasi gigi.
  10. Produksi air liur di dalam mulut kita juga bisa membantu membersihkan kotoran di sela-sela gigi.
  11. Membantu proses penyembuhan luka,
    Dalam The journal of Federation of American Societies for Experimental Biologi (FASEB) mengungkapkan bahwa di dalam air liur atau air ludah terkandung zat yang dapat membantu proses penyembuhan luka pada manusia yang disebut dengan Histatin, Histatin adalah protein yang dihasilkan oleh air liur yang dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada luka. Fakta ini juga menjawab mengapa luka pada mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit atau tulang.
  12. Membantu proses pencernaan,
    Air liur juga berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam mulut seperti membersihkan makanan dan sel-sel mati di dalam mulut, mengikat makanan menjadi bola sehingga dapat ditelan, membersihkan makanan yang tersisa dan bakteri dari gigi, mencegah lapisan rongga mulut menjadi kering, menghancurkan atau mencegah pertumbuhan jamur di dalam mulut, menetralisir asam dari makanan yang dimakan, dan membantu menumbuhkan enamel gigi yang rusak karena kalsium dan kadar phospor.
  13. Bahkan air liur juga bisa mematikan virus HIV.
  14. Menghilangkan jerawat,
    Air liur terbukti paling ampuh menghilangkan jerawat, sebab air liur Anda dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Memang agak jijik, tapi masa jijik dengan air liur sendiri. Caranya oleskan air liur Anda pada bagian yang terdapat jerawatnya, lakukan 3x sehari, dalam waktu 3 hari jerawat Anda akan menyusut, sebab bakteri penyebab jerawatnya mati oleh air liur.

Kenapa Air Liur Dapat Menyembuhkan Luka?

Didalam air liur atau air ludah terkandung zat yang dapat membantu proses penyembuhan luka pada manusia yang disebut dengan Histatin. Histatin adalah protein yang dihasilkan oleh air liur yang dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada luka.
Fakta ini juga menjawab mengapa luka pada mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit atau tulang. Demikian juga dengan jerawat. Alih-alih menggunakan sabun pencuci muka, khasiat air ludah jauh lebih mumpuni karena memiliki antiseptik alami. Selain itu menjaga kebersihan muka juga sangat penting untuk meminimalisir bakteri merugikan yang ada pada wajah kita. :W

Nah lo, ternyata air liur saja punya banyak sekali manfaat yang tak terduga oleh kita. Semoga postingan kali ini dapat menjelaskan sedikit banyak mengenai air liur pada manusia. Bila ada kekurangan ataupun kesalahan saya mohon maaf yang setulus-tulusnya serta saya mohon koreksi dari Anda yang setia berkunjung dan membaca di blog saya ini. Termakasih dan Salam Blogger Indonesia! :)
Sumber : http://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/08/28/manfaat-air-liur/ dengan sedikit penambahan dan pengurangan

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

6 komentar

Air liur ternyata banyak manfaatnya yak gan

ternyata banyak juga ya manfaat air liur

Benar sekali masbro... bersyukurlah kita sebagai manusia yang memiliki air liur yang sangat bermanfaat.. :)

Iya masbro.. selain banyak manfaatnya juga banyak kandungan-kandungan zat yang menguntungkan masbro.. =D

gak kebayang kalo gak punya air liur.

Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya... gk kebayang juga kalo gk punya air liur, kek gmana ya kita makan dan minum... @@,

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal