Sunday, August 10, 2014

Menghindari Terjadi Penipuan Log In Akun

Penipuan. Ya, aksi itu memang marak terjadi di kehidupan manusia. Tidak hanya pada RL (Real Life) / Dunia Nyata, penipuan juga terjadi di dunia maya alias Internet bahkan mungkin lebih banyak terjadi di Internet. Ada banyak model penipuan, seperti penipuan saat berbelanja online, dan sebagainya. Ada juga penipuan dengan cara membuat log in situs yang mirip dengan aslinya dengan tujuan untuk mengetahui User ID / User Name / Email dan Password akun / pengguna pada situs aslinya atau dikenal dengan "Fake Log In".
Baru-baru ini saya mendapat info bahwa ada seorang blogger yang kehilangan blognya lantaran memasukkan email dan password akun bloggernya di sebuah situs yang asing alias tidak dapat dipercaya. Mungkin juga situs tersebut adalah buatan dari seorang atau sekelompok hacker dunia maya. Metode penipuannya menggunakan "Fake Log In". Klik disini dan lihatlah SS sebuah situs dibawah ini :
Sekilas memang mirip dengan halaman Log In situs Blogger milik Google kan? Tapi tunggu dulu, mari kita amati bersama. Lihatlah kembali SS Situs yang tadi dan perhatikan URL situsnya, apakah benar URL log in Blogger milik Google?
Dan benar, ternyata URL itu menunjukkan bukan URL log in blogger milik Google, melainkan URL situs lain yang tampilannya "mirip" dengan tampilan log in blogger. Coba saja Anda masukkan email dan password yang tak lazim, misalnya pada Email Anda isikan "1111" dan pada Password Anda isikan "2222". Entah kenapa secara ajaib Anda seperti sudah Log In, padahal tidak sama sekali, manamungkin ada Email "1111". :ngakak:
Jika Anda menemukan situs-situs sejenis dengan situs ini seperti situs yg "mirip" dengab situs Facebook, Twitter atapun Situs lain yang menyediakan akun pengguna, periksalah URLnya terlebih dahulu sebelum menuliskan User ID / User Name / Email dan Password Anda di situs tersebut.
Selain tampilan situsnya yang "mirip", ada juga yang menggunakan form log in milik sebuah situs sosial media, sebut saja Facebook. Jika Anda menjumpai sebuah situs yang memberikan form log in mengatasnamakan Facebook seperti dibawah ini :
JANGAN PERNAH sekalipun Anda memasikkan Email dan Password asli Anda kedalam form itu. Karna apa? Karena untuk log in Facebook ataupun Situs Facebook sejatinya sudah mempunyai Open Graph untuk mengakses Token dari sebuah aplikasi yang disediakan oleh pihak Facebook untuk diakses dan dapat dijadikan sebagai sarana Log In dengan tombol  SEKALI KLIK misalnya "Connect With Facebook" dan TANPA PERLU MEMASUKKAN EMAIL DAN PASSWORD FACEBOOK Anda. :W

Metode "Fake Log In" adalah metode Hacking cara halus yang kadang tidak disadari oleh pemilik akun tersebut. Jika akun yang kena hack itu akun "ecek-ecek" tidak masalah, tetapi jika akun yang kena hack itu akun penting buat Anda dan penting buat kelangsungan karir Anda bisa sangat berbahaya. Karena itu, berhati-hatilah dan telitilah keaslian situs sebelum memasukkan User ID / User Name / Email dan Password Anda. :W
Sekian Artikel dari saya, semoga membuat Anda menjadi lebih berhati-hati dan lebih teliti lagi. Mohon maaf apabila ada penulisan ataupun istilah yang kurang tepat. Salam Blogger Indonesia! :)

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

6 komentar

Posting yang menarik gan
Makasih atas infonya.
Kunjungi juga blog saya

Ponsel Update >> eboklik.blogspot.com
Biodata dan foto artis >> selatberita.blogspot.com

keren masbro..
blognya udah difollow

apanya yang keren masbro? ~x( blognya juga sudah saya follow... :)

Terima kasih baru pertama kali saya membaca postingan tentang penipuan log in seperti ini

Hati-hati kalau memasukkan user id / email dan password di url yang tidak dikenal masbro... bahaya.. :)

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal