Saturday, August 9, 2014

Membuat URL Khusus Profile Google Plus

Tags
Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles.
Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Tapi saya tidak membahas ini karena saya sudah membahas ini pada artikel sebelum-sebelumnya, silahkan baca selengkapnya di Ulasan Mengenai Google+ (Google Plus). =D
Saya akan membahas sesuai dengan judul di atas, yaitu "Membuat URL Khusus Profile Google Plus". Apasih URL khusus itu? URL khusus adalah alamat web yang singkat dan mudah diingat yang tertaut secara langsung ke Profil atau Laman Anda. Misalnya, pemilik profil Google+ Rizal Nurhidayat (saya :p) dapat mengarahkan Anda ke google.com/+RizalNurhidayat untuk mengunjungi profil saya daripada ke url panjang dan gak penting seperti ini https://plus.google.com/102365581487547634923. :D
Namun ternyata untuk mendapatkan URL khusus ini ada persyaratan tersendiri, yaitu :
  • Untuk Pengguna Individual:
    1. Sepuluh pengikut atau lebih
    2. Akun sudah aktif lebih dari 30 hari
    3. Profil berisi foto profil
  • Untuk Laman Google+ Lokal: Harus bisnis lokal yang terverifikasi
  • Untuk Laman Google+ Non-lokal: Harus ditautkan ke situs web
Jika akun Anda / Laman Anda belum memenuhi syarat yang ada di atas saya sarankan untuk jangan dulu membuat URL khusus, karena memang belum bisa. =D. Dan jika akun / laman Anda sudah memenuhi syarat di atas dan ingin mempunyai URL khusus ke Profil atau Laman Anda, silahkan ikuti langkah berikut ini :
  1. Masuk ke Google+. Tempatkan kursor di sudut kiri atas menu utama Google+, kemudian klik Profil.
  2. Jika Anda benar-benar sudah dinyatakan layak oleh google, maka secara otomatis google akan merekomendasikan anda untuk mendapatkan URL khusus tersebut. Akan tertampil sesuai gambar dibawah ini, kemudian klik "Get URL" atau "Dapatkan URL".
  3. Namun jika di Profil anda tidak ada rekomendasi dari google seperti pada langkah 2. Anda bisa mengikuti langkah ini, yaitu Klik tab "Tentang" / "About", lalu pada Tautan > URL Google+ atau Links > Google+ URL, klik "Get URL" atau "Dapatkan URL".
  4. Anda akan melihat URL khusus yang telah disetujui untuk Anda, yang tidak dapat diubah. Anda mungkin perlu menambahkan beberapa huruf atau angka untuk membuatnya unik.
  5. Klik kotak di samping "I agree to the Terms of Service" atau “Saya setuju dengan Persyaratan Layanan”, kemudian klik "Change URL" atau "Ubah URL" di sudut kiri bawah.
  6. Anda mungkin akan diminta untuk memverifikasi akun Anda menggunakan nomor telepon seluler Anda. Untuk melakukannya, Anda harus:
    1. Memasukkan nomor telepon seluler bila diminta, lalu mengeklik "Send Code" atau "Kirim kode" di sudut kiri bawah.
    2. Periksa ponsel Anda untuk kode yang telah dikirim.
    3. Masukkan kode tersebut ke dalam kotak pada layar, lalu klik "Verify" atau "Verifikasi" di sudut kiri bawah.
  7. URL ini akan ditautkan ke Laman atau Profil Google+ Anda, jadi pastikan semua tepat seperti yang Anda inginkan. Setelah URL Anda disetujui, Anda tidak dapat meminta untuk mengubahnya. Setelah Anda yakin, klik "Confirm choice" atau "Konfirmasi pilihan".
  8. Sudah? Selesai \o/
Demikian tutorial tentang "Membuat URL Khusus Profile Google Plus". Mohon maaf jika terdapat keterbatasan gambar dan gambar yang saya berikan kurang membantu Anda dalam tutorial kali ini, karena yang saya alami memang hanya beberapa tahap saja dan tahap-tahap yang tidak saya alami namun mungkin Anda alamii bersumber dari Google+ sendiri. Jika Anda belum bisa memahami tutorial diatas, Anda dapat menanyakannya di form komentar. Terimakasih dan Salam Blogger Indonesia! :)
Sumber : Pengalaman Pribadi dan https://support.google.com/plus/answer/2676340?hl=id&topic=2400106

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

12 komentar

Wah makasih, sangat bermanfaat boleh dicoba ini

Silahkan-silahkan... trimakasih kunjungan dan komentarnya... :)

Makasih infonya ya sob... :D

Sama-sama masbro... :) Silahkan dicoba.. =D

Walah ane baru tau bisa kaya gitu
Makasi gan.. ini mau ane coba praktikin

Silahkan silahkan.... mumpung gratis... =D

baru tau ada url khusus, nice info bang..

Waah, ternyata malah baru pada tau ya... :D Silahkan dicoba mumpung gratis... =D

waah , baru tau saya ni mas . thanks atas infonya . saya coba sekarang ya mas ?

Sama-sama masbro... :) silahkan dicoba... :D

dapat ilmu baru lagi nihh :) thanks gan infonya :D

Sama-sama masbro... :D Monggo dipelajari dulu ilmunya sebelum dipraktekkan.. =D

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal