Thursday, July 24, 2014

Mudik 2014 : Jembatan Cibaruyan Ciamis Amblas

Assalamu'alaikum sobat blogger. Mudik tahun ini memang penuh dengan ujian. Tak hanya di jalur pantura, jalur selatan pun mulai ada kendala. Amblasnya Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah yang mengakibatkan jalur pantai utara dialihkan ke jalur tengah dan jalur selatan, namun di jalur selatan pun terdapat jembatan yang amblas.
Ya, Jembatan Cibaruyan yang berada di Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis, yang menghubungkan Rajapolah dengan Ciamis amblas pada Kamis (24/7/2014) dini hari. Lebih tepatnya Jembatan Cibaruyan ini menghubungkan Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis hingga menembus Jawa Tengah. Efek dari amblasnya jembatan ini jalur mudik dari arah Bandung atau Nagreg dialihkan mulai dari Rajapolah menuju Tasikmalaya. Sementara dari arah Ciamis atau Jawa Tengah, arus lalu lintas dialihkan mulai dari Sindangkasih kemudian menuju Kota Tasikmalaya. Para pemudik harus mewaspadi jalur ini agar tidak terjebak kemacetan.
Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan bahwa pihaknya bersama Direktorat Jenderal Bina Marga hari ini menurunkan tim teknis untuk melakukan penanganan terkait amblesnya Jembatan Cibaruyan, Ciamis, Kamis (24/7). Dirjen Bina Marga mengungkapkan bahwa penanganan yang akan dilakukan adalah dengan memasang jembatan Bailey. Pemasangan Jembatan Bailey ini sudah mulai dipasang sore hari tadi dan akan selesai sekitar 2-3 hari, sementara jalur akan dialihkan menuju Kota Tasikmalaya.
Djoko mengungkapkan penyebab amblesnya jembatan Cibaruyan ini selain usia jembatan yang sudah tua, karena memang kondisinya kurang kuat. Selain itu karena curah hujan yang tinggi membuat tanah tempat pondasi jembatan tersebut tergerus.
Hampir setengah badan Jembatan Cibaruyan di Ciamis runtuh, Kamis (24/7) dini hari. Hujan lebat yang turun di wilayah Dusun Cianda Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis tersebut mengakibatkan Sungai Cibaruyan meluap. Akibatnya, badan jembatan yang berada di jalan utama Jalur Selatan tersebut kini tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, jembatan Cibaruyan ditutup dan tak bisa dilalui semua jenis kendaraan.
Kemacetan disinyalir akan terjadi pada pertemuan kendaraan akibat adanya peralihan arus tersebut, tepatnya lalu lintas di Kota Tasikmalaya terancam macet parah. Jalur lalu lintas terpaksa dialihkan untuk menghindari korban jiwa. Update informasi per detiknya memang sangat perlu untuk mengetahui bagian mana saja yang macet atau lancar. Selamat mudik! Semoga selamat sampai tujuan. :)
Wassalamu'alaikum. :)

Blogger, Designer, Future Programmer.

This Is The Oldest Page

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.
EmoticonEmoticon